Pembinaan kesehatan mental melalui pembelajaran akidah akhlak siswa kelas VIII MTs. Nurul Hidayah NW Bakong Dasan Desa Lembar Tahun Ajaran 2016 / 2017

Ridwan, Ridwan (2017) Pembinaan kesehatan mental melalui pembelajaran akidah akhlak siswa kelas VIII MTs. Nurul Hidayah NW Bakong Dasan Desa Lembar Tahun Ajaran 2016 / 2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Ridwan 151131206.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Pembinaan Kesehatan Mental merupakan cara mengoptimalkan kemampuan peserta didik agar terhindar dari penyakit mental seperti kurang percaya diri, iri, dengki dan sebagainya dan merupakan suatu usaha dalam membina sesuatu hal yang berkaitan dengansikap, batin dan watak. Oleh karena itu, pembinaan mental dapat dilaksanakan melalui pembelajaran Aqidah Akhlak. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui unsur-unsur penyebab terjadinya gangguan mental dan langkah-langkah solusi pemecahannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, karena data dalam penelitian ini bersifat alami(Natural), apa danya hal itulah yang dipaparkan yang terkait dengan fokus penelitian seperti unsur-unsur penyebab terjadinya gangguan mental, langkah-langkah pembinaan kesehatan melalui pembelajaran Aqidah Akhlak yang dilaksanakan di MTs. Nurul Hidayah NW Bakong Dasan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mental siswa dapat dibina dalam kegitan belajar mengajar di dalam kelas dangan materi-materi pokok pendidikan akidah akhlak. Karena pembinaan kesehatan mental tidak hanya menyangkut fisik tetapi lebih kepada batin, dan watak. Maka dalam menerapkan langkah pembinaan kesehatan mental, guru perlu mengetahui lebih dahulu unsur-unsur penyebab gangguan mental siswa yang terdiri dari faktor yang ada dalam diri siswa atau individu dan yang kedua faktor luar seperti keluarga, masyarakat. Sehingga, solusinyaadalah memberikan nasihat bagi siswa yang tidak mau mengikuti peraturan(melanggar)dan diberikan hukuman yang bersifat mendidik. sedangkan yang terkait dengan faktor luar adalah guru mengadakan kerjasa-sama dengan orang tua siswa dengan mengadakan kunjungan kerumah dan mengundang orang tua siswa ke sekolah untuk mendiskusikan perkembangan anak/siswa. Disamping itu, pembinaan kesehatan mental pada pembelajaran akidah akhlak di MTs. Nurul Hidayah NW Bakong Dasan Desa Lembar dapat membentuk akhlak mulia dengan memberikan hal berupa teladan yang baik, menciptakan suasana yang religius, menanamkan unsur-unsur keagamaan dalam diri siswa disetiap materi pembelajaran, membiasakan anak didik untuk taat beribadah, bekerjasama dengan orang tua/ wali murid, dan mengajak anak didik untuk peduli terhadap sesama teman

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: KIesehatan; Psikologi anak; MTs. Nurul Hidayah NW Bakong
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 13 Dec 2018 01:31
Last Modified: 13 Dec 2018 01:31
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1178

Actions (login required)

View Item View Item