Perbandingan hasil belajar siswa berasrama dengan non asrama pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Ishlahil Athfal Rumak Tahun Pelajaran 2017/2018

Ahdiatizzati, Raeva (2018) Perbandingan hasil belajar siswa berasrama dengan non asrama pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Ishlahil Athfal Rumak Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Raeva Ahdiatizzati 151141076.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar mata pelajaran Fiqih antara siswa yang tinggal di asrama dan siswa yang tinggal di luar asrama di MTs Ishlahil Athfal Rumak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dan jenis penelitiannya yaitu penelitian expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs Ishlahil Athfal Rumak yang berjumlah 52 yang terdiri dari 15 siswa berasrama dan 37 siswa non asrama, sedangkan pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling karena jumlah siswa yang tidak seimbang maka siswa berasrama diambil seluruhnya, sementara siswa non asrama diambil sampel secara Random Sampling yaitu dengan cara undian. Jadi, sampel penelitian ini sebanyak 30 orang, yang tediri dari 15 siswa berasrama dan 15 siswa non asrama. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Pengolahan data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis data dan perhitungan, diperoleh pengujian hipotesis pada analisis data didapat Ho diterima dan Ha ditolak, yaitu Ternyata thitung sebesar (0,29) dan dibandingkan dengan db α = 0,05ttabel(0,05;28) adalah 1,70 maka 0,15 <1,70. Dengan demikian tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang tinggal di asrama dan siswa yang tinggal diluar asrama pada mata pelajaran Fiqih di MTs Ishlahil Athfal Rumak dari segi kognitif. Dengan kata lain menetap diasrama tidak memberi pengaruh kemampuan kognitif siswa dalam penguasaan materi Fiqih. Kemungkinan besar pengaruh asrama terhadap siswa yang tinggal di asrama dalam bentuk sikap mental, perilaku keagamaan, sikap sosial dan kemandirian yang terbentuk melalui interaksi dan kebiasaan di asrama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode belajaer; hasil belajar; MTs Ishlahil Athfal Rumak
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 12 Dec 2018 07:50
Last Modified: 12 Dec 2018 07:50
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1176

Actions (login required)

View Item View Item