Problematika siswa dalam mempelajari bidang studi pendidikan agama islam kelas XI di SMA Model Nurul Jannah NW Ampenan Tahun Pelajaran 2016/2017

Nurhayati, Nurhayati (2017) Problematika siswa dalam mempelajari bidang studi pendidikan agama islam kelas XI di SMA Model Nurul Jannah NW Ampenan Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Nurhayati 151121175.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Problematika Siswa Dalam Mempelajari Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI Di SMA Model Nurul Jannah NW Ampenan Tahun Pelajaran 2016/2017 dan Upaya- Upaya Apa Sajakah Yang Di Lakukan Dalam Mengatasi Problematika Siswa Dalam Mempelajari Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI Di SMA Model Nurul Jannah NW Ampenan Tahun Pelajaran 2016/2017. Problematika dan Upaya-upaya tersebut di lihat dalam proses penerapan pembelajaran berlangsung. Mulai dari komponen tujuan, isi, metode, sampai komponen evaluasi. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran PAI, dan siswa/siswi sebagai pendukung di SMA Model Nurul Jannah NW Ampenan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, sedangkan teknis analisis data menggunakan model interaktif dengan langkah-langkah; reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verivikasi. Hasil penelitian: Problematika Siswa Dalam Mempelajari Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI Di SMA Model Nurul Jannah NW Ampenan Tahun Pelajaran 2016/2017 masih kurang efektif, hal ini bisa di lihat dari temuan-temuan di lapangan salah satunya dari penerapan yang di lakukan oleh Guru Mata Pelajaran PAI pada saat pembelajaran berlangsung, sama saja halnya dengan penerapan-penerapan yang lazim digunakan oleh orang banyak, sehingga tidak ditemukan hal-hal baru yang menunjukkan guru tersebut efektif. Kemudian Upaya-Upaya Apa Sajakah Yang Di Lakukan Dalam Mengatasi Problematika Siswa Dalam Mempelajari Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI Di SMA Model Nurul Jannah NW Ampenan Tahun Pelajaran 2016/2017 adalah guru harus menguasai betul terkait dengan materi yang akan diajarkan kepada siswa/siswinya dan dalam proses KBM berlangsung guru diharuskan menggunakan media (alat peraga) sebagai penunjang pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode belajar; Problematika; SMA Model Nurul Jannah NW Ampenan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 12 Dec 2018 07:21
Last Modified: 12 Dec 2018 07:21
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1174

Actions (login required)

View Item View Item