Penerapan pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) pada mata pelajaran al qur’an hadits di kelas VIII MTs Nurul Yaqin Praya Tahun Pelajaran 2016/2017

Hasyim, Muhammad (2017) Penerapan pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) pada mata pelajaran al qur’an hadits di kelas VIII MTs Nurul Yaqin Praya Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Muhammad Hasyim151131240.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dan kendala-kendala yang dihadapi guru dalam penerapan pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits di kelas VIII MTs Nurul Yaqin Praya Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan objek penelitian adalah penddik (guru) mata pelajaran Al Qur’an Hadits kelas VIII di MTs Nurul Yaqin Praya Tahun Pelajaran 2016/2017 yang di laksanakan dari tanggal 15 Mei-15 Juni 2017 Pada saat proses pembelajaran berlangsung, peneliti mengamati cara mengajar guru yang menerapkan pembelajaran berbasis masalah dan Kendala-kendala dalam menerapkan pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits di kelas VIII MTs Nurul Yaqin Praya. Adapun data yang akan dianalisis dalam penelitian ini, peneliti menggunakan analisis kualitatif. Data kualitatif dari hasil wawancara peneliti kepada guru yang dilakukaan sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung dan observasi pada saat pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil kesimpulan, guru telah menerapkan pembelajaran berbasis masalah meski telah diterapkan beberapa langkah-langkah yang dipaparkan namun tidak secara rinci dan belum sempurna dilakukan. Solusi yang ditawarkan peneliti yaitu guru mengikuti pelatihan yang berbasis kompetensi (pembelajaran berbasis masalah) Dengan upaya ini diharapkan tujuan pembelajaran yang diinginkan dapat tercapai sebagaimana yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode belajar; Problem Based Learning; MTs Nurul Yaqin
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 12 Dec 2018 06:48
Last Modified: 12 Dec 2018 06:48
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1171

Actions (login required)

View Item View Item