Peranan guru pendidikan agama islam dalam upaya pembinaan akhlak siswa kelas VIII di SMPN 3 Labuapi Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017

Masahun, Masahun (2017) Peranan guru pendidikan agama islam dalam upaya pembinaan akhlak siswa kelas VIII di SMPN 3 Labuapi Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Masahun15113121014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (550kB) | Preview

Abstract

INDONESIA Salah satu tugas utama seorang guru Pendidikan Agama Islam adalah mendidik siswanya agar menjadi manusia yang berakhlak mulia dan menanamkan nilai-nilai agama kepadanya, Guru dituntut untuk mampu memainkan tugas dan fungsinya dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat. Banyak peranan yang diperlukan dari guru sebagai pendidik, atau siapa saja yang menerjunkan diri menjadi guru diantaranya adalah peran guru sebagai motivator, fasilitator, dan evaluator. Berdasarkan paparan konteks penelitian tersebut, maka fokus penelitian yang diajukan adalah upaya-upaya apa yang dilakukan oleh Guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa kelas VIII di SMPN 3 Labuapi Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017, apa saja kendala-kendala yang dihadapi oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam upaya membina akhlak siswa kelas VIII di SMPN 3 Labuapi Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017, dan bagaimanakah peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam upaya membina akhlak siswa kelas VIII di SMPN 3 Labuapi Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menggambarkan data dan fakta apa adanya. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dengan responden dan dari hasil observasi peneliti selama berada di lokasi penelitian. Data sekundernya diperoleh dari berbagai pustaka refrensi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam sangat berperan dalam membina akhlak siswa. Peran guru dapat dicermati dalam membina akhlak siswa melalui program Imtaq di sekolah dengan berbagai kegiatan seperti membaca Al-Qur’an, kultum, pidato keagamaan, dan diakhiri dengan sholat dhuha’. Kegiatan tersebut dilakukan secara rutin setiap hari jum’at pagi guna menanamkan nilai-nilai agama dalam diri siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Masahun; Guru; SMPN 3 Labuapi
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 12 Dec 2018 06:38
Last Modified: 12 Dec 2018 06:38
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1170

Actions (login required)

View Item View Item