Penanaman nilai-nilai akhlakul karimah santri putra di pondok pesantren Nurul Haramain Narmada Kecamatan Narmada Lombok Barat Tahun pelajaran 2016/2017

Abdurrahim, Abdurrahim (2017) Penanaman nilai-nilai akhlakul karimah santri putra di pondok pesantren Nurul Haramain Narmada Kecamatan Narmada Lombok Barat Tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Abdurrahim151131213.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (699kB) | Preview

Abstract

INDONESIA Latar belakang dari penelitian ini adalah karena pembelajaran merupakan salah satu tugas utama guru dimana pembelajaran dapat diartikan sebagai kegiatan yang di tujukan untuk membelajarkan siswa. sehingga membangun gagasan atau pengetahuan yang baik bagi siswa yang memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan akhlak para santri di pondok pesantren Nurul Haramain Putraa Narmada dan untuk mengetahui Penanaman Nilai-Nilai Akhlakul Karimah Bagi Para Santri di Pondok Pesantren Nurul Haramain Narmada. Penelitian ini menggunakan penilitian secara langsung di dalam lingkungan pondok namun dalam pendeskripsian hasil penelitian penulis menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dalam bentuk kata-kata deskriptif bukan angka. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada pondok pesantren Nurul Haramain Narmada khsusnya santri putra, penanaman nilai-nilai akhlakul karimah dilakukan melalui pendidikan formal dan nonformal. Hal tersebut dilaksanakan melalui teranformasi teori-teori ilmu akhlak yang dibarengi dengan menggunakan metode-metode penanaman akhlak seperti metode Qur’ani dan Nabawi, metode pembiasaan dan metode keteladanan. oleh karena itu diharapkan guru/ustad untuk selalu membina akhlak para santri supaya menjadi orang yang berakhlak mulia, baik kepada Allah SWT, kedua orang tua, kepada guru/ustad dan para teman sesamanya. Untuk itu juga adanya pengarahan yang khusus dari guru, karena setiap guru bertindak sebagai motivator. Motivasi dapat efektif bila dilakukan dengan memperhatikan anak didik, memberikan penguatan pada santri dan memberikan contoh dalam bersikap atau berperilaku. tentunya dibutuhkan kesadaran dalam diri santri agar dapat mengaplikasikan pembelajaran Berakhlakul Karimah dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Akhlakul karimah; Santri; Nurul Haramain Narmada
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 12 Dec 2018 02:25
Last Modified: 12 Dec 2018 02:25
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1167

Actions (login required)

View Item View Item