Strategi guru dalam mengembangkan karakter peserta didik melalui pembelajaran fiqih kelas VIII semester genap tahun pelajaran 2016-2017 DI MTs. Haqqul Yaqin NW. Sayang-Sayang Kecamatan Cakranegara Kota Mataram

Jalaludin, Abdul Hamid (2017) Strategi guru dalam mengembangkan karakter peserta didik melalui pembelajaran fiqih kelas VIII semester genap tahun pelajaran 2016-2017 DI MTs. Haqqul Yaqin NW. Sayang-Sayang Kecamatan Cakranegara Kota Mataram. Post-Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Abdul Hamid Jalaludin151121119.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti, ditemukan bahwa madrasah baru menerapkan kurikulum 2013 yang berorientasi pada nilai sikap atau karakter dan hal tersebut mengharuskan para guru untuk beradaptasi dengan semua perkembangan kurikulum dengan sistem mengajarnya yang sebelumnya telah terbiasa dengan KTSP, namun proses adaptasi mereka terbentur dengan banyaknya siswa yang tidak mengindahkan program dan tugas yang diberikan dengan kata lain karakter yang dimiliki siswa menipis, dari itulah semua guru harus berupaya untuk menyesuaikan strategi dalam mengembangkan karakter siswa agar mencapai tujuan dari pendididkan. Beranjak dari hal tersebut peneliti ingin mengetahui lebih dalam tentang strategi guru dan kendala yang dihadapi. Penelitian tentang strategi guru dalam mengembangkan karakter siswa dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang diterapkan guru mata pelajaran fiqih Kelas VIII baik strategi pembelajaran maupun strategi lainnya dalam mengembangkan karakter siswa, sebagaimana rancangan dan tujuan kurikulum K-13 dan tujuan pendidikan nasional. Dalam skripsi ini, penelitian yang dilakukan bersifat penelitian kualitatif dan untuk mengumpulkan data-data peneliti menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Untuk menganalisis data-data yang terkumpul, peneliti menggunakan data reduction, data display dan verification. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan Triangulasi sumber, triangulasi waktu dan member check. Karakter yang menjadi fokus dalam penelitian ini ialah karakter religius dan tanggung jawab, sebagaimana temuan-temuan dalam penelitian setelah dilakukan analisis dan pengecekan keabsahan data diketahui bahwa dalam kegiatan belajar mengajar mata pelajaran fiqih di kelas VIII MTs. Haqqul Yaqin NW. guru memilih strategi pembelajaran kooperatif. sedangkan karakter religius dan tanggung jawab siswa Kelas VIII MTs. Haqqul Yaqin NW. Sayang-sayang masih kurang.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Karakter; Religius; Tanggung Jawab
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 12 Dec 2018 01:27
Last Modified: 12 Dec 2018 01:27
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1166

Actions (login required)

View Item View Item