Pengaruh penerapan metode bervariasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VII putri pada mata pelajaran fiqih di MTs Al-Madaniyah Jempong Tahun Pelajaran 2017/2018

Karmila, Noni (2018) Pengaruh penerapan metode bervariasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VII putri pada mata pelajaran fiqih di MTs Al-Madaniyah Jempong Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Noni Karmila 151141231.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pegaruh penerapan metode bervariasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VII Putri pada mata pelajaran fiqih di MTs Al-Madaniyah Jempong tahun pelajaran 2017/2018. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Adapun instrumen penelitian yang digunakan observasi untuk mencari letak geografis sekolah, dokumentasi digunakan untuk mengetahui berbagai data tentang sekolah. Adapun angket digunakan untuk mengetahui nilai tentang metode bervariasi sedangkan test untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VII putri. Penelitian ini menggunakan penelitian populasi pada kelas VII putri sebanyak 21 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dan korelasi sederhana untuk mengetahui besarnya pengaruh penerapan metode bervariasi terhadap hasil belajar siswa. Sehingga berdasarkan hasil analisis data bahwa ada pengaruh penerapan metode bervariasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VII putri pada mata pelajaran fiqih di MTs Al-Madaniyah Jempong tahun pelajaran 2017/2018. Karena telah diperoleh hasil F hitung sebesar 9,13 > dengan F tabel sebesar 4,38 pada taraf signitifikansi 5% dengan N = 21 – 2 = 19. Meskipun jika diperhatikan tingkat persentasi dari pengaruh dalam penerapan metode bervariasi berrdasarkan data (32,38%) yang ternyata lebih kecil dari persentasi dari pengaruh luar yang dalam penelitian ini adalah pengaruh dari siswa (67,62%), ini berarti memiliki persentasi pengaruh yang rendah/lemah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penerapan metode bervariasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VII putri pada mata pelajaran fiqih di MTs Al-Madaniyah Jempong tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode belajar; Variasi; MTs Al-Madaniyah
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 10 Dec 2018 04:04
Last Modified: 10 Dec 2018 04:04
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1165

Actions (login required)

View Item View Item