Penerapan metode diskusi dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam siswa kelas VIII di SD – SMPN Satap 4 Gunungsari Tahun Pelajaran 2016/2017

Mahnun, Mahnun (2017) Penerapan metode diskusi dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam siswa kelas VIII di SD – SMPN Satap 4 Gunungsari Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Nahnun 151121006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Pendidikan Agama Islam adalah usaha maksimal untuk menentukan kepribadian siswa berdasarkan ketentuan – ketentuan yang telah digariskan dalam al-Qur‟an dan As-sunah. Hal ini berarti bahwa Pendidikan Agama Islam memerlukan metode pembelajaran dan harus mendapt perhatian yang seksama dari pendidik Agama karena memiliki pengaruh yang sangat berarti atas keberhasilannya. Metode diskusi merupakan salah satu metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran PAI, karena dengan mengguakan metode diskusi, siswa akan mempelajari sesuatu melalui cara musyawarah dengan teman – temannya dibawah pimpinan atau bimbingan guru. Hal ini perlu bagi kehidupan siswa kelak, bukan saja karena manusia senantiasa didapatkan pada berbagai masalah yang tidak dapat dipecahkan seorang diri, melainkan juga karena melalui kerjasama atau musyawarah mungkin diperoleh suatu pemecahan yang lebih baik. Berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII di SD-SMPN SATAP 4 Gunungsari Tahun Pelajaran 2016/2017. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah penerapan metode diskusi dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh guru pendidikan agama Islam dalam menerapkan metode diskusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yaitu mendeskripsikan tentang-tentang fenomena-fenomena yang ada melalui pendekatan ilmiah. kehadiran peneliti sebagai observer dalam kehidupan subyek selama waktu penelitian yang sudah ditetapkan sekaligus sebagai peneliti utama dalam penelitian ini. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah teknik induktif dengan keabsahan data terdiri dari perpanjangan keikutsertaan peneliti, ketekunan pengamatan dan tringulasi data. Berdasarkan hasil penelitian di SD-SMPN SATAP 4 Gunungsari, usaha guru dalam menerapkan metode diskusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan 1) Persiapan, yaitu guru menyiapkan segala bentuk administrasi maupun bahan sebelum memulai diskusi, 2) Pelaksanaan, yaitu guru menjelaskan serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan diskusi dan 3) Evaluasi, setelah selsai diskusi guru melakukan evaluasi dalam bentuk tanya jawan dan terkadang tugas. Dalam keberlangsungannya, usaha guru dalam menerapkan metode diskusi untuk meningkatkan Hasil siswa juga mendapatkan kendala, yaitu 1) Kendal internal, yaitu yang berasal dari dalam diri peserta didik itu sendiri dan 2) kendala eksternal, yaitu kendala yang dari luar peserta didik itu sendiri, seperti gangguan dari teman sekelas dan kurang memadainya fasilitas yang tersedia di SD-SMPN 4 Gunungsari serta kurang perhatiannya dari orang tua di rumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metpode belajar; Metode diskusi; SD-SMPN SATAP 4 Gunungsari
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 10 Dec 2018 03:25
Last Modified: 10 Dec 2018 03:25
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1162

Actions (login required)

View Item View Item