Pengaruh penerapan metode sosiodrama terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs NW Perian

Muhibbin, Muhibbin (2018) Pengaruh penerapan metode sosiodrama terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs NW Perian. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Muhibbin 151141044.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan metode sosiodrama terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs NW Perian. Penelitian yang telah dilakukan ini termasuk dalam penelitian kuantitatif karena data-data yang digunakan berbentuk angka. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: Ada pengaruh yang signifikan penerapan metode sosiodrama terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs NW Perian. Hal ini dibuktikan dari hasil anailisis data dengan menggunakan analisis regresi sederhana sehingga diperoleh F hitung > F tabel (14,128 > 4,38) dengan melakukan uji keberartian, kemudian melakukan uji linieritas , dimana hasil dari uji linieritas didapatkan dk pembilang = 1 dan dk penyebut = 18 dengan taraf signifigifikasi 5% maka F hitung < F tabel (0,634 < 4,41). Dilanjutkan dengan perhitungan koefisien korelasi product moment telah diketahui bahwa nilai r hitung adalah 0,654 sedangkan nilai r tabel untuk taraf signifikasi 5% dan N = 21 adalah 0,433, ini dikategorikan cukup kuat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode belajar; Metode sosiodrama; MTs NW Perian
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 10 Dec 2018 02:11
Last Modified: 10 Dec 2018 02:11
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1158

Actions (login required)

View Item View Item