Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII MTs An-Najah Desa Sesela Kecamatan Gunungsari Lombok Barat Tahun 2016/2017

Azizuddin, Muhammad (2017) Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII MTs An-Najah Desa Sesela Kecamatan Gunungsari Lombok Barat Tahun 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Muhammad Azizuddin151111041.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Metode demonstrasi adalah metode yang dilakukan dengan memperagakan atau memperlihatkan sesuatu pada siswa agar bisa dipahami oleh siswa yang disampaikan oleh pedemonstrasi, jadi bisa dikatakan metode demonstrasi adalah metode mengajar dimana pelaksanaanya dilakukan dengan cara memperagakan atau mendemonstrasikan apa yang bisa diperagakan oleh guru atau siswa itu sendiri yang sesuai dengan materi yang disampaikan. Tujuan pnelitian yaitu untuk mengetahui peningkatan kinerja dan siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs. An-najah Desa Sesela Kecamatan Gunungsari Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi. Analisis yang digunakan yaitu dengan menggunakan rumus ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dengan Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII MTs An-Najah Desa Sesela Kecamatan Gunungsari Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini terbukti bahwa aktivitas guru dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, pada siklus I nilai rata-ratanya adalah 63,42, dan pada siklus II nilai rat-ratanya adalah 75,71. Persentase siswa yang tuntas pada siklus I adalah 51,42%, dan persentase siswa yang tuntas pada siklus II adalah 88,57%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode demonstrasi; Metode belajar; MTs An-Najah Desa Sesela
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 06 Dec 2018 06:21
Last Modified: 06 Dec 2018 06:21
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1155

Actions (login required)

View Item View Item