Penerapan metode problem solving dalam belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran fiqih di MI NW Dasan Agung Mataram

Apriadin, Muhammad (2018) Penerapan metode problem solving dalam belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran fiqih di MI NW Dasan Agung Mataram. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Muhammad Apriadin151141198.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (898kB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa ketika dalam pembelajaran di sekolah menunjukan dan menampilkan sikap yang tidak wajar, mengingat bahwa karakteristik siswa yang beraneka ragam ada siswa yang menempuh kegiatan belajaranya secara lancar dan berhasil tanpa mengalami kendala-kendala yaitu kesulitan atau gangguan, namun disisi lain ada siswa yang justru mengalami kesulitan dalam belajarnya, untuk itu perlu adanya penyelesain dari seorang guru untuk mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu melalui penerapan metode problem solving dalam belajar untuk mencapai sebuah tujuan pembelajaran yang telah direncanakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk kesulitan yang dialami siswa dan peran penerapan metode Problem Solving dalam mengatasi kesulitan belajar siswa, di sekolah MI NW Dasan Agung Mataram. Penelitian ini difokuskan kajian terhadap penerapan metode Problem Solving dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran fiqih di MI NW Dasan Agung Mataram. Dengan instrumen penelitian menggunakan metode observasi, wawancara digunakan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Problem Solving dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VI pada mata Pelajaran Fiqih di MI NW Dasan Agung Mataram dan dokumentasi untuk mendapatkan data-data seperti sejarah berdirinya madrasah MI NW Dasan Agung Mataram, letak geografis, sarana-prasarana, keadaan guru, keadaan siswa, dan struktur organisasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: 1) Penerapan metode Problem Solving ini dapat membantu siswa dalam mengatasi kesulitan belajar karena metode ini dapat mengaktifkan siswa belajar, siswa diberikan masalah kemudian mencari jawaban atas permasalahan dengan begitu siswa yang berkesulitan belajar menjadi aktif, inisiatif dan bertanggung jawab dalam belajar guna mencari solusi atas suatu permasalahan serta menambah dan melatih keterampilan siswa dalam memecahkan masalah yang dihadapi. 2) Kendala-kendala yang dihadapi siswa di sekolah Madrasah Ibtidaiyah mataram belajar lambat yaitu tidak memahami penjelasan guru dan ketidakmampuan belajar yaitu tidak mendengarkan penjelasan guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode belajar; problem solving; MI NW Dasan Agung
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 06 Dec 2018 06:14
Last Modified: 06 Dec 2018 06:14
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1154

Actions (login required)

View Item View Item