Samad, Lalu Abdul (2011) Meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ipa pokok bahasan pesawat sederhana dengan menggunakan metode diskusi kelompok kecil (buzz gruops) pada siswa kelas 5 MIN Model Sesele Kecamatan Gunung Sari Lombok Barat Tahun Pelajaran 2010/2011. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Lalu Abdul Samad151079019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (922kB)

Abstract

INDONESIA: Banyaknya pilihan metode yang ditawarkan oleh berbagai pihak dalam kegiatan belajar mengajar menuntut para tenaga pendidik untuk dapat menentukan efektivitas dari metode-metode tersebut guna meningkatkan prestasi dan ketuntasan belajar. Guru dalam proses belajar mengajar tentu memerlukan berbagai macam metode salah satunya adalah metode diskusi kelompok kecil (buzz guops) . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Meningkatkan prestasi belajar IPA dengan menggunakan metode diskusi kelompok kecil (Buzz Groups) pada siswa kelas 5 MIN MODEL Sesele Kecamatan Gunung Sari Lombok Barat tahun pelajaran 2010/2011?.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah dengan menggunakan pembelajaran metode kelompok kecil(buzz groups) dapat Meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa kelas 5 MIN MODEL Sesele Kecamatan Gunung Sari Lombok Barat tahun pelajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, obsevasi dan refleksi. Ada dua jenis pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif adalah suatu proses menentukan suatu pengetahuan yang menggunakan data berupa angka sebagai alat untuk menemukan keterangan mengenai masalah yang ingin diketahui dan pendekatan kualitatif adalah data yang berhubungan dengan kategorisasi, karakteristik yang terwujud pernyataan dan kata-kata. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan data tentang situasi belajar mengajar didapat dari lembar observasi dan data hasil belajar diperoleh dengan cara memberikan tes evaluasi pada siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan peningkatan prestasi dan ketuntasan belajar siswa. Pada siklus I persen ketercapaiannya adalah 66% dengan kategori cukup aktif, siklus II persen ketercapaian 100 dengan katergori sangat aktif. Untuk ketuntasan belajar pada siklus I ketercapaianya 70 % dengan kategori Belum tuntas, siklus II 100 % dengan kategori tuntas . Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode (buzz groups) dapat meningkatkan prestasi belajar dan ketuntasan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ipa; buzz group; ketuntasan belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lalu Muh Hammam Tsani
Date Deposited: 19 Aug 2021 00:58
Last Modified: 19 Aug 2021 00:58
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1154

Actions (login required)

View Item View Item