Urgensi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar fiqih kelas VIII di MTs Ittihadil Ummah Karang Anyar Mataram Tahun 2017/2018

Mu’aidi, Mu’aidi (2017) Urgensi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar fiqih kelas VIII di MTs Ittihadil Ummah Karang Anyar Mataram Tahun 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Mu’aidi151131049.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut tentang urgensi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di MTs. Ittihadil Ummah Tahun Pelajaran 2017/2018, adapun Urgensi ataupun pentingnya modal pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah pentingnya sebuah model sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dan tidak lebih luas dari itu. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis kualitatif yang bermaksud untuk memahami fenomena-fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain secara holistik, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII MTs Ittihadil Ummah Tahun 2017/2018. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini melalui redusksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, ditemukan bahwa: aktivitas yang dilakoni oleh guru Fiqih terutama sebagai seorang yang membimbing dan mengontrol jalannya kegiatan proses belajar mengajar berupa: pelaksanaan pembelajaran fiqih di kelas, membimbing siswa, dan mendidik siswa baik dalam ranah koognitif,avektif dan psikomotorik, dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, melalui bimbingan khusus, dan penerapan suatu model pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode belajar; Tipe jigsaw; MTs Ittihadil Ummah
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 06 Dec 2018 05:59
Last Modified: 06 Dec 2018 05:59
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1152

Actions (login required)

View Item View Item