Upaya guru aqidah akhlak dalam membina akhlak siswa kelas VIII di MTs Qur’aniyah Batu Kuta Narmada Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017

Cahyadi, Meilan (2017) Upaya guru aqidah akhlak dalam membina akhlak siswa kelas VIII di MTs Qur’aniyah Batu Kuta Narmada Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Meilan Cahyadi151131195.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Salah satu tugas utama guru Pendidikan Agama Islam (Akidah Akhlak) adalah mendidik siswanya agar menjadi manusia yang berakhlak mulia dan menanamkan nilai-nilai agama kepadanya. Guru dituntut untuk memainkan tugas dan fungsinya dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat. Peneliti menemukan adanya indikasi penyimpangan akhlak siswa MTs Qur’aniyah Narmada, khususnya kelas VIII. Hal ini terlihat dari masih adanya siswa yang kurang hormat kepada guru, dan sering melawan guru. Berdasarkan paparan konteks penelitian tersebut, maka focus penelitian yang diajukan adalah bagaiman upaya guru akidah akhlak dalam membina akhlak siswa kelas VIII di MTs Qur’aniyah Batu Kuta Narmada T.P 2016/2017, dana apa saja kendala guru akidah akhlak dalam membina akhlak siswa kelas VIII di MTs Qur’aniyah Batu Kuta Narmada T.P 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menggambarkan data dan fakta apa adanya. Data primer dalam penlitian ini diperoleh dari hasil wawancara dengan responden dan dari hasil observasi peneliti selama berada di lokasi penelitian. Data skundernya diperoleh dari berbagai buku refrensi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa upaya guru akidah akhlak dalam membentuk akhlak siswa di MTs Qur’aniyah Batu Kuta Narmada adalah dengan menggunakan metode-metode pengajaran yang terkait dengan pembentukan akhlak siswa. Metode-metode tersebut diantaranya ialah metode keteladanan, metode pembiasaan, dan metode hukuman. Adapun kendala guru akidah akhlak dalam membina akhlak siswa adalah kurang disiplinnya guru akidah akhlak pada saat jam masuk pelajaran, kurangnya kesadaran siswa dalam mentaati aturan-aturan yang berlaku di madrasah, kurang memadainya sarana dan prasarana dalam menunjang kegiatan pembinaan dan pembelajaran, kurangnya pengawasan yang optimal dari orang tua di rumah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Guru; MTs Qur’aniyah Batu Kuta; Aqidah Akhlak
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 06 Dec 2018 02:08
Last Modified: 06 Dec 2018 02:08
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1149

Actions (login required)

View Item View Item