Upaya guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca al-qur’an pada siswa kelas VII B dI SMP Islam Nurul Qur’an Lendang Simbe Mertak Tombok Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017

Mariani, Mariani (2017) Upaya guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca al-qur’an pada siswa kelas VII B dI SMP Islam Nurul Qur’an Lendang Simbe Mertak Tombok Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Mariani15113121012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Mengajarkan membaca Al-Qur‟an merupakan kewajiban bagi setiap orang tua kepada anaknya. Seharusnya sejak usia dini anak harus sudah diajarkan membaca Al-Qur‟an. Namun belakangan ini di tengah masyarakat yang hidup dengan gaya modern sering melupakan pentingnya pengajaran Al-Qur‟an kepada anak. Disinilah guru pendidikan agama Islam dituntut untuk memainkan peranannya dengan sebaik-baiknya agar tercapai tujuan. Meski demikian, ia harus tetap bekerja sama dengan pihak lain seperti kepala sekolah dan wali kelas. Seorang guru pendidikan agama Islam harus kretaif dan inovatif dalam mensiasati perkembangan zaman yang semakin hari semakin membauat anak jauh dari Al- Qur‟an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya-upaya guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur‟an pada siswa kelas kelas VII B di SMP Islam Nurul Qur‟an Lendang Simbe. Subyek penelitian ini adalah siswa/i yang mengalami kesulitan membaca Al-Qur‟an berdasarkan data yag penulis peroleh dari guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Dalam penelitian ini, desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis. Dalam pengumpulan data digunakan tehnik observasi, wawancara, dokumentasi, dan test lisan membaca Al-Qur‟an. Adapaun langkah-langkah yang digunakan dalam menganalisa data yaitu mereduksi data yang kemudian disajikan dalam bentuk teks yang dilengkapi dengan tabel serta verifikasi atau pengambilan simpulan. Dari penelitian yang penulis lakukan, maka sampailah pada penarikan simpulan bahwasanya kesulitan-kesulitan yang dialami siswa/i meliputi pengucapan huruf hijaiyah, penguasaan tajwid, pengenalan tanda baca, dan kelancaran dalam membaca. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya minat siswa yang kurang, motivasi dari orang tua yang nyaris tidak ada, alokasi waktu yang kurang memadai, dan sekolah asal lulusan siswa. Adapun strategi yang sudah dilakukan oleh guru PAI di SMP Islam Nurul Qur‟an Lendang Simbe diantaranya tadarrus Al-Qur‟an sebelum pelajaran dimulai. Memberikan jam tambahan di luar jam sekolah, dan pemberian tugas yang dapat merangsang siswa agar mampu membaca Al-Qur‟an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru; Al Qur'an: SMP Islam Nurul Qur’an
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 06 Dec 2018 00:59
Last Modified: 06 Dec 2018 00:59
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1147

Actions (login required)

View Item View Item