Efektivitas pembelajaran aqidah akhlak dalam membina akhlaqul karimah siswa kelas VIII MTs Al-Muslimun NW Tegal Desa Meninting Kecamatan Batulayar Lobar

Hasanah, Malika (2017) Efektivitas pembelajaran aqidah akhlak dalam membina akhlaqul karimah siswa kelas VIII MTs Al-Muslimun NW Tegal Desa Meninting Kecamatan Batulayar Lobar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Malika Hasanah 151131187.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Fokus kajian penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak dalam membina akhlakul karimah siswa di MTs. Al- Muslimun NW Tegal Desa Meninting Kecamatan Batulayar Kabupaten Lombok Barat dan efektivitas pembelajaran aqidah akhlak dalam membina akhlaqul karimah siswa di MTs. Al-Muslimun NW Tegal Desa Meninting Kecamatan Batulayar Kabupaten Lombok Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran aqidah akhlak dalam membina akhlakul karimah siswa di MTs. Al-Muslimun NW Tegal Desa Meninting Kecamatan Batulayar Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif. efektivitas pembelajaran aqidah akhlak dalam membina akhlaqul karimah siswa di MTs. Al- Muslimun NW Tegal Desa Meninting Kecamatan Batulayar Kabupaten Lombok Barat. Diperoleh dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari kepala madrasah, guru mata pelajaran Aqidah Akhlak. Isntrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan instrumen bantu meliputi panduan observasi, panduan wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran aqidah akhlak dalam membina akhlaqul karimah siswa itu sangat mempunyai pengaruh yang besar dalam praktik hidup sehari-hari, hal tersebut terlihat dari besarnya pengaruh pembelajaran aqidah akhlak terhadap praktik hidup siswa sehari-hari yaitu mampu membentuk siswa-siswi yang berakhlak mulia kepada Allah, mampu membentuk siswa-siswi berakhlak mulia terhadap diri sendiri, mampu membentuk siswa-siswi berakhlak mulia terhadap lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian ini akan menjadi bahan informasi bagi kepala madrasah, guru-guru, komite dan masukan bagi pemerhati pendidikan, karena keberhasilan dalam pendidikan guru juga ikut berperan dalam keberhasilan dan pendidikan peserta didiknya.Pendidikan adalah tanggungjawab semua pihak baik keluarga, sekolah maupun masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aqidah akhlak ; Akhlaqul karimah; MTs Al-Muslimun NW Tegal
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 06 Dec 2018 00:36
Last Modified: 06 Dec 2018 00:36
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1146

Actions (login required)

View Item View Item