Pengaruh disiplin mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas XI di MA Al-Hamidiyah Nw Sidemen Desa Lembah Sari Kecamatan Batu Layar Kabupaten Lombok Barat

Saharudin, M. (2018) Pengaruh disiplin mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas XI di MA Al-Hamidiyah Nw Sidemen Desa Lembah Sari Kecamatan Batu Layar Kabupaten Lombok Barat. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
M. Saharudin 151141146.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh disiplin mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas XI di MA Al-Hamidiyah NW Sidemen Desa Lembah Sari Kecamatan Batu Layar Kabupaten Lombok Barat. Objek penelitian ini adalah pengaruh disiplin mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas XI di MA Al-Hamidiyah NW Sidemen Desa Lembah Sari Kecamatan Batu Layar Kabupaten Lombok Barat. Penelitian yang telah dilakukan termasuk dalam penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan dilakukan dengan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan korelasi product moment. Data dianalisis dengan menggunakan bantuan perangkat komputer dengan program SPSS v.16.0 (Statistical Program for Sosial Science). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: 1) disiplin mengajar guru menurut siswa dari 22 orang responden secara umum yang menyatakan tergolong sedang sebesar 54,19%. 2) motivasi belajar siswa yang secara umum tergolong sedang sebesar 58%. 3) Ada pengaruh yang signifikan disiplin mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas XI di MA Al-Hamidiyah NW Sidemen Desa Lembah Sari Kecamatan Batu Layar Kabupaten Lombok Barat. Hasil ini berdasarkan nilai r hitung > r tabel pada taraf signifikan 5% (0.423) atau (r hitung =0,626 > r tabel = 0,423), dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Adapun berdasarkan nilai F hitung > F tabel pada taraf signifikan 5% (0,435) atau (F hitung 12,914 > F tabel 0,435), dengan demikian Ha diterima. Sedangkan besarnya kontribusi pengaruh disiplin mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 39,1% dan sisanya 60,9% motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru; Motivasi belajar; MA Al-Hamidiyah Nw Sidemen
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 06 Dec 2018 00:28
Last Modified: 06 Dec 2018 00:28
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1145

Actions (login required)

View Item View Item