Penerapan kooperatif learning tipe jigsaw pada mata pelajaran pendidikan agama islam dalam peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMP Islam Darussalam Kecamatan Lingsar Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017

Hakim, Lukmanul (2017) Penerapan kooperatif learning tipe jigsaw pada mata pelajaran pendidikan agama islam dalam peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMP Islam Darussalam Kecamatan Lingsar Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Lukman Hakim 15113121011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (685kB) | Preview

Abstract

INDONESIA Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus dan setiap siklusnya berlangsung dalam dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Islam Darussalam Kecamatan Lingsar tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 20 orang. Pengumpulan data diperoleh dengan lembar observasi guru dan siswa, serta tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang penerapan Kooperatif Learning Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa sKelas VII SMP Islam Darussalam Kecamatan Lingsar Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017, dapat peneliti simpulkan bahwa Penerapan metode Kooperatif Learning Tipe Jigsaw pada pembelajaran PAI mempermudah bagi guru dalam mencapai tujuan belajar yang diinginkan dan mengoptimalkan/ menuntaskan hasil belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari prosentase ketuntasan belajar secara klasikal pada tahap tiap siklus. Siklus I sebesar 55%, pada siklus II sebesar 75%, dan pada siklus III ketuntasan belajar peserta didik mencapai 95%. Nilai rata-rata hasil peserta didik juga mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu pada tahap siklus I sebesar 60,75, siklus II sebesar 74 dan pada siklus III naik menjadi 80,8. Hal ini berarti, target yang ditetapkan peneliti yaitu standar ketuntasan hasil belajar peserta didik secara klasikal mencapai 80% dan secara individual nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik 65 sudah tercapai

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode belajar; Hasil belajar; SMP Islam Darussalam
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 05 Dec 2018 04:15
Last Modified: 05 Dec 2018 04:15
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1144

Actions (login required)

View Item View Item