Upaya guru aqidah akhlak dalam membina karakter siswa kelas VIII di MTs NW Dasan Tapen Gerung Kab. Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017

Indasari, Lilis (2017) Upaya guru aqidah akhlak dalam membina karakter siswa kelas VIII di MTs NW Dasan Tapen Gerung Kab. Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Lilis Indasari151131178.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatar belankangi oleh pentingnya pendidikan karakter siswa yang harus di tanamkan pada peserta didik sejak dini. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah upaya-upaya guru dalam membina karakter siswa melalui mata pelajaran aqidah akhlak siswa kelas VIII di MTs NW Dasan Tapen Gerung Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Dan bagaimana kendala-kendala yang di hadapi oleh guru dalam membina karakter siswa melalui mata pelajaran aqidah akhlak siswa kelas VIII di MTs NW Dasan Tapen. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam pembinaan karakter siswa melalui mata pelajaran aqidah akhlak siswa kelas VIII di MTs NW Dasan Tapen. Dan bagaimana Kendala yang dihadapi guru aqidah akhlak dalam membina karakter siswa melalui mata pelajaran aqidah akhlak siswa kelas VIII di MTs NW Dasan Tapen Gerung. Metode yang di gunakan dalam penelitian adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan penggunaan metode ini di harapkan dapat memperoleh data yang di butuhkan dalam penelitian. Dan memperoleh data-data yang kongkrit sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian yang di laksanakan di MTs NW Dasan Tapen Gerung. Hasil dari penelitian ini di dapatkan bahwa, upaya guru dalam membina karakter siswa melalui mata pelajaran aqidah akhlak sangat penting dalam pembentukan dan pembinaan karakter siswa, dan guru aqidah akhlak harus menjadi contoh yang baik bagi siswanya, baik itu dengan cara menerapkan prilaku baik di dalam kelas maupun pembinaan melalui kegiatan-kegiatan keagamaan melalui kegiatan imtaq, do‟a, sholat yang di laksanakan setiap hari di sekolah. Kegiatan-kegiatan rutinitas seperti ini merupakan salah satu cara yang tepat dan efektiv untuk membina karakter siswa yang ada di MTs NW Dasan Tapen Gerung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dalam pembinaan karakter siswa melalui mata pelajaran aqidah akhlak siswa kelas VIII MTs NW Dasan Tapen. Sosok guru harus menjadi seseorang yang memberikan contoh yang baik, dan bimbingan yang baik kepada siswanya, sehingga para siswa termotivasi dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan keagamaan yang telah di tetapkan di sekolah. Agar siswa tidak malas dan berat dalam melaksanakan kegiatan agama, agar pembinaan karakter dapat terwujud, dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dan saran untuk kepala sekolah, para guru beserta staf sekolah, agar selalu menjalin kerjasama dengan para orangtua dalam pembinaan karakter siswa yang ada di MTs NW Dasan Tapen Gerung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru; Karakter siswa; MTs NW Dasan Tapen Gerung
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 05 Dec 2018 04:01
Last Modified: 05 Dec 2018 04:01
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1143

Actions (login required)

View Item View Item