Kepemimpinan kepala madrasah dalam mengefektifkan kinerja guru di MTs NW Bagik Polak Tahun Pelajaran 2016/2017

Hasanah, Laelatul (2017) Kepemimpinan kepala madrasah dalam mengefektifkan kinerja guru di MTs NW Bagik Polak Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Lailatul Hasanah151131005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru. Selain itu untuk mengetahui pola kepemimpinan kepala madrasah dalam mengefektifkan kinerja guru di MTs NW Bagik Polak. Karena dengan kepemimpinan yang tepat kepala madrasah dapat mengefektifkan kinerja guru yang akan berpengaruh terhadap hasil kinerjanya dan juga terhadap pembelajaran. Penelitian yang telah dilakukan termasuk dalam penelitian kualitatif yaitu mendiskripsikan fenomena yang terjadi.Kehadiran peneliti sebagai observer dalam kehidupan subyek selama waktu penelitian yang sudah ditetapkan sekaligus sebagai peneliti utama dalam penelitian ini. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah teknik reduksi, penyajian data dan kesimpulan dan keabsahan data terdiri dari perpanjangan waktu pengamatan, member chek dan trianggulasi data. Kinerja guru dinilai dari tiga aspek yaitu perencanaan pembelajaran atau RPP, prosedur pembelajaran yaitu guru dapat menguasai kelas, menggunakan media dan metode pembelajaran. Selain itu pola kepemimpinan kepala madrasah adalah demokratis. Kepemimpinan tipe demokratis ini sangat tepat digunakan dalam lembaga pendidikan, karena pola ini mengutamakan kerjasama dan musyawarah, mensinkronkan tujuan dan kepentingan bersama. Kepala madrasah dan para guru bersama-sama untuk mencapai tujuan sehingga tidak terjadi kepemimpinan yang dictator atau memaksakan kehendak atau kepemimpin yang bisa dikompromikan. Tentunya di dalam kepemimpinan ini, terdapat faktor yang mendukung dan menghambat kepala madrasah dalam mengeefektifkan kinerja guru di MTs NW Bagik Polak. Faktor yang mendukung seperti kehadiran dan kerajinan, lokasi madrasah yang dekat dengan perumahan guru, adanya kebersamaan dan kerjasama dalam menjalankan tugas, adanya sarana dan prasarana yang menunjang, guru. Sedangkan faktor yang menghambat seperti dana dan guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepala madrasah; Kinerja; Guru
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 05 Dec 2018 03:15
Last Modified: 05 Dec 2018 03:15
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1141

Actions (login required)

View Item View Item