Korelasi hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak dengan perilaku siswa kelas VIII di MTs. Assa’adah Labuapi Tahun Pelajaran 2017/2018

Aini, Jumratul (2018) Korelasi hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak dengan perilaku siswa kelas VIII di MTs. Assa’adah Labuapi Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Jumratul Aini151141102.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Inti dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterkaitan antara hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak dengan perilaku siswa yakni perilaku siswa ketika berada di lingkungan sekolah. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi atau hubungan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak dengan perilaku siswa kelas VIII di MTs. Assa’adah Labuapi Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis Korelasi Product Moment. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa dokumentasi untuk memperoleh data hasil belajar siswa selama tiga kali pertemuan dan menggunakan instrument angket untuk memperoleh data tentang perilaku siswa. Angket tersebut disebar sebanyak satu kali. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs. Assa’adah Labuapi yang berjumlah 65 orang, karena populasi kurang dari 100 orang maka dalam penelitian ini semua populasi dijadikan sebagai sampel sehingga penelitian ini dinamakan penelitian populasi. Berdasarkan hasil analisis data tentang hasil belajar dan perilaku siswa dengan menggunakan analisis korelasi Product Moment diperoleh rhitung sebesar 0,363, sedangkan rtabel pada taraf signifikansi 5 % dengan N= 65-2= 63 diketahui sebesar 0,236. Dengan demikian, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya “Terdapat korelasi atau hubungan antara hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak dengan perilaku siswa kelas VIII di MTs. Assa’adah Labuapi Tahun Pelajaran 2017/2018. Selanjutnya, ketika dilakukan pengujian uji signifikansi Korelasi Product Moment yakni dengan menggunakan uji “t” diperoleh thitung sebesar 3, 090, sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5 % dengan dk= n-2 yakni 65-2= 63 yang mendekati 65, maka diperoleh ttabel sebesar 2, 022. Karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya, untuk mengetahui besar korelasi atau hubungan antara hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak dengan perilaku siswa dilakukan perhitungan dengan menggunakan analisis koefisien determinasi, yakni dengan mengkuadratkan nilai rhitung (r2). Dalam hal ini r2 = 0, 3632 = 0, 13. Hal ini menunjukkan bahwa variabel hasil belajar (X) berkontribusi sebesar 13 % dalam menentukan variabel perilaku siswa (Y). Berdasarkan hasil analisa data yang telah dilakukan, peneliti dapat menyimpulkan bahwa terdapat korelasi atau hubungan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak dengan perilaku siswa kelas VIII di MTs. Assa’adah Labuapi Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Prilaku siswa; MTs. Assa’adah Labuapi
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 05 Dec 2018 02:11
Last Modified: 05 Dec 2018 02:11
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1138

Actions (login required)

View Item View Item