Implementasi model paikem dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran akidah akhlak kelas VII di MTs Darul Muttaqien NW Penujak Tahun Pelajaran 2016/2017

Indayanti, Jumaini (2017) Implementasi model paikem dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran akidah akhlak kelas VII di MTs Darul Muttaqien NW Penujak Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Jumaini Indayanti151131110.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (622kB) | Preview

Abstract

INDONESIA Dalam proses belajar mengajar guru akidah akhlak harus mendesain suatu pembelajaran yang dapat menggerakkan hati siswa untuk melaksanakan materi pembelajaran yang telah dipelajari di kelas. Untuk mencapai harapan dan memecahkan persoalan ini dikembangkan Implementasi PAIKEM, sehingga jalannya pelajaran dapat membuat siswa bukan saja aktif secara fisik tetapi juga pisikisnya dan saling berinteraksi antar siswa, siswa dan guru, serta siswa dan sumber belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan mengambil latar belakang MTs Darul Muttaqien NW Penujak dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan mengetahui fokus kajian dari penelitian tentang Bagaimanakah implementasi model PAIKEM dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran akidah akhlak di MTs Darul Muttaqien NW Penujak dan kendala-kendala yang dihadapi guru dan solusinya dalam mengimplementasikan model PAIKEM dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada Pembelajaran akidah akhlak kelas VII di MTs Darul Muttaqien NW Penujak Tahun Pelajaran 2016/2017. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi/ pengamatan, dokumentasi dan wawancara. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan format deskriftif dengan analisis induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi model PAIKEM dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang digunakan guru pada pembelajaran akidah akhlak di dalam kelas yaitu melalui beberapa langkah diantaranya yaitu dengan pembelajaran aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan menyenangkan, yang membuat siswa merasa senang serta antusias yang tinggi untuk belajar di dalam kelas dan kendala-kendala yang dihadapi guru akidah akhlak dan solusinya dalam mengimplementasikan model PAIKEM dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di dalam kelas adalah keterbatasan media atau alat peraga sehingga guru harus kreatif membuat media sendiri serta pengelolaan kelas yang tepat sehingga solusinya adalah madrasah harus menyediakan segala alat sarana dan prasarana yang dibutuhkan guru akidah akhlak dalam mengimplementasikan model PAIKEM dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran akidah akhlak supaya proses pembelajaran di dalam kelas dapat berjalan dengan optimal. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi model PAIKEM dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang digunakan oleh guru akidah akhlak kelas VII di MTs Darul Muttaqien NW Penujak cukup memberikan hasil yang lebih positif bagi siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model PAIKEM; Metode belajar; MTs Darul Muttaqien NW Penujak
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 04 Dec 2018 23:23
Last Modified: 04 Dec 2018 23:23
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1136

Actions (login required)

View Item View Item