Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran akidah ahklak di MTs. Ittihadil Ummah kelas VIII Karang Anyar Kota Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017

Akbar, Jamaludin H. (2017) Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran akidah ahklak di MTs. Ittihadil Ummah kelas VIII Karang Anyar Kota Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Jamaludin H. Akbar151131083.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini memfokuskan pada Pelaksanaan pembelajaran pendekatan saintifik di Madrasah. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Ittihadil Ummah Karang Anyar. Adapun metode pengumpulan data yang dilakukan adalah metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pendekatan Saintifik dalam pembelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs. Ittihadil Ummah Karang Anyar Kota Mataram dan kendala-kendala yang dihadapi guru dalam mengimplementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran akidah akhlak kelas VIII MTs.Ittihadil Ummah Karang Anyar Kota Mataram. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan meetode observasi, wawancara dan dokumentasi .untuk uji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi. Hasil dari pelaksanaan pembelajaran pendekatan di MTs.Ittihadil Ummah kelas VIII dengan tahap-tahapan pada pendekatan saintifik seperti mengamati, menanya, bernalar, mengasosiasi dan mengkomunikasikan belum berjalan sepenuhnya. Adapun kendala yang di alami ketika menerapkan pendekatan saintifik pada pembelajaran akidah akhlak adalah (1) peserta didik ngantuk ketika mengikuti pembelajaran, (2) peserta didik lelah dalam pembelajaran, (3) persiapan dalam mengikuti pembelajaran. Adapun upaya yang harus dilakukan guru untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran adalah sebagai berikut: (1) menyampaikan pelajaran, (2) memotivasi peserta didik dengan bercerita (3) guru harus kreatif dan bervariasi ketika mengajar dikelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan saintifik : Metode belajar; Hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 04 Dec 2018 03:25
Last Modified: 04 Dec 2018 03:25
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1132

Actions (login required)

View Item View Item