Penerapan model pembelajaran cooperative learning Tipe make a macth dalam peningkatan hasil belajar Siswa kelas VIII SMPN Satu Atap 1 Batukliang Lendang Tampel pada mata pelajaran pendidikan agama islam tahun pelajaran 2016/2017

Isyaruddin, Isyaruddin (2017) Penerapan model pembelajaran cooperative learning Tipe make a macth dalam peningkatan hasil belajar Siswa kelas VIII SMPN Satu Atap 1 Batukliang Lendang Tampel pada mata pelajaran pendidikan agama islam tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Isyaruddin 15113121010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Model pembelajaran cooperative learning tipe make a macth merupakan salah satu strategi pembelajaran yang melibatkan siswa dan mengelompokkan siswa yang ada di dalam kelas, untuk melakukan diskusi kelompok yang menekankan pada kerja sama anggota kelompok, saling memberi pemahaman dan informasi, saling membantu, tanggung jawab, dalam rangka menuntaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Model pembelajaran cooperative learning tipe make amacth adalah pembelajaran kelompok dengan cara kelompok A mencari pasangan di kelompok B. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN Satu Atap 1 Batukliang Lendang Tampelsebanyak 21 siswa. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus yang mana masing-masing siklus dilakukan dalam 3 pertemuan. Adapun model pembelajaran yang dilakukan pada penelitian ini adalah model pembelajaran cooperative learning tipe make a macth. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN Satu Atap 1 Batukliang Lendang Tampel. Adapun hasil dari penelitan ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I adalah 73,2 dengan nilai ketuntasan klasikal mencapai 52,4%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas VIII SMPN Satu Atap 1 Batukliang mencapai 79,8 dengan ketuntasan klasikal mencapai 85,8%. Dari data di atas menunjukkan adanya perubahan nilai dari siklus I ke siklus II yang mana pada siklus I siswa belum mencapai kreteria ketuntasan minimum yaitu 52,8% mendapat nilai 75 atau lebih dan dinyatakan belum tuntas, karena belum mencapai kreteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu 80% siswa memperoleh nilai 75 atau lebih sehingga pada siklus II dilakukan perbaikan tindakan dan hasilnya 85,8% siswa memperoleh nilai 75 atau lebih dan dinyatakan tuntas. Adapun skor rata-rata aktivitas siswa pada siklus Iadalah 2,7 dengan kategori “Cukup Aktif” dan pada siklus II skor rata-rata aktivitas siswa 4,2 dengan kategori “Aktif”. Dari uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa model pembelajaran cooperative learning tipe make a macth dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN Satu Atap 1 Batukliang Lendang Tampel Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode belajar; SMPN Satu Atap 1 Batukliang; Model belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 04 Dec 2018 03:18
Last Modified: 04 Dec 2018 03:18
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1131

Actions (login required)

View Item View Item