Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di kelas VII MTs Miftahul Ulum

Katsir, Imam Ibnu (2017) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di kelas VII MTs Miftahul Ulum. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Imam Ibnu Katsir 151131214.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (16MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Proses belajar mengajar adalah suatu proses dalam rangka mewujudkan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Maka guru dituntut untuk lebih kreatif dalam menemukan dan memilih model pembelaran yang dapat memotifasi dan mengaktifkan siswa dalam pembelajaran. Untuk itu, dirancang penelitian dengan judul penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numberd heads together dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqh dikelas VII MTs Miftahul Ulum pelangan tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui judul penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di MTS Miftahul Ulum Pelangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII dengan jumlah siswa 27 orang. Jenis penelitian dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus. Data aktifitas siswa dan guru diperoleh dari lembar observasi sedangkan data nilai siswa diperoleh dari LKS yang diberikan kepada masing masing siswa. Berdasarkan hasil analisis data hasil evaluasi siswa pada siklus I sebesar 1510 kemudian mengalami peningkatan menjadi 2015 pada siklus II. Sedangkan data persentase ketuntasan klasikal siswa pada siklus I sebesar 55,55% kemudian mengalami peningkatan menjadi 92,59% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqh dikelas VII MTs Miftahul Ulum pelangan tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode belajar; Prestasi belajar; MTs Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 04 Dec 2018 00:37
Last Modified: 04 Dec 2018 00:37
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1128

Actions (login required)

View Item View Item