Problematika pembelajaran fiqih dalam pencapaian kompetensi dasar siswa kelas XI di MA Raudlatul Muslimin NW Kayangan Tahun Pelajaran 2016/2017

Hasanah, Iswatun (2017) Problematika pembelajaran fiqih dalam pencapaian kompetensi dasar siswa kelas XI di MA Raudlatul Muslimin NW Kayangan Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Iiswatun Hasanah151131188.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (932kB) | Preview

Abstract

INDONESIA Fokus kajian penelitian ini adalah untuk mengetahui pencapaian kompetensi dasar siswa pada mata pelajaran Fiqih, problematika pembelajaran Fiqih dalam pencapaian kompetensi dasar, dan upaya yang dilakukan guru mata mata pelajaran Fiqih dalam pencapaian kompetensi dasar siswa kelas XI di MA Raudlatul Muslimin NW Kayangan tahun pelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pencapaian kompetensi dasar siswa pada mata pelajaran Fiqih, problematika pembelajaran Fiqih dalam pencapaian kompetensi dasar siswa kelas XI di MA Raudlatul Muslimin NW Kayangan tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode penelitian rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Data tentang problematika pembelajaran Fiqih dalam pencapaian kompetensi dasar siswa kelas XI di MA Raudlatul Muslimin NW Kayangan tahun pelajaran 2016/2017. Diperoleh dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari kepala madrasah, guru mata pelajaran Fiqih dan siswa kelas XI. Isntrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan instrumen bantu meliputi panduan observasi, panduan wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian kompetensi dasar pada pembelajaran Fiqih belum tercapai secara keseluruhan oleh siswa. Problematika yang dihadapi dalam pembelajaran Fiqih sehingga tidak tercapainya kompetensi dasar adalah sumber atau bahan belajar yang masih kurang, guru mata pelajaran Fiqih tidak menggunakan metode yang bervariasi, media yang masih minim, tingkat kecerdasan siswa yang berbeda-beda, perhatian, minat serta motivasi yang masih kurang pada siswa untuk belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini akan menjadi bahan informasi bagi kepala madrasah, guru-guru, komite dan masukan bagi pemerhati pendidikan, karena keberhasilan dalam pendidikan guru juga ikut berperan dalam keberhasilan dan pendidikan peserta didiknya.Pendidikan adalah tanggungjawab semua pihak baik keluarga, sekolah maupun masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi; Belajar; MA Raudlatul Muslimin NW Kayangan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 04 Dec 2018 00:27
Last Modified: 04 Dec 2018 00:27
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1127

Actions (login required)

View Item View Item