Penerapan metode jigsaw untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Nurul Islam Sekarbela Tahun Pelajaran 2017/2018

Idayani, Idayani (2018) Penerapan metode jigsaw untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Nurul Islam Sekarbela Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Idayani151141048.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Latar belakang masalah penelitian ini adalah kurangnya prestasi belajar siswa dikarenakan guru dalam menyampaikan materi pelajaran hanya dengan menggunakan metode kovensional yaitu ceramah.Sehinggamembuat siswa merasa jenuh dan malas dalam menerima materi pelajaran.Dandikarenakan jugakurangnya fasilitas sarana dan prasarana siswa seperti kelas, meja bangku untuk siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar yang belum sepenuhnya memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 80.Pembelajaranfiqih merupakan upaya membelajarkan siswa untuk belajar tentang hukum islam dan hubungannya dengan kehidupan sehari-hari, baik dalam hal ibadah maupun muamalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Nurul Islam Sekarbela pada mata pelajaran fiqih khususnya materi haji dan umrah setelah menggunakan metode pembelajaran metodetipe jigsaw. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII di MTsNurul Islam Sekarbela.Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas atau PTK untuk mengetahui bagaimana penerapan metode jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih khususnya materi haji dan umrah kelas VIII di MTs Nurul Islam Sekarbela.Penelitian tindakan kelas merupakan penelitian kolaboratif yang bersifat praktis guna menyelesaikan permasalahan pembelajaran. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai rata-rata hasil evaluasi menunjukkan ada peningkatan prestasi belajar siswa dalam ranah kognitif. Pada siklus I pertemuan I hasil belajar siswa yaitu 74% , selanjutnya pada pertemuan II meningkat menjadi 81%. Pada siklus II pertemuan I meningkat menjadi 88% dan selanjutnya pada pertemuan ke II menjadi 92%. Porsentase ini menunjukkan sudah memenuhi kriteria ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan yaitu 85%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode belajar; Prestasi belajar; MTs Nurul Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 03 Dec 2018 07:02
Last Modified: 03 Dec 2018 07:02
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1126

Actions (login required)

View Item View Item