Lasmiati, Lasmiati (2011) Penerapan experiential learning model untuk meningkatkan hasil belajar ipa pokok bahasan perubahan wujud benda pada siswa kelas IV SDN 1 Lendang Nangka Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Lasmiati151079005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (460kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pokok bahasan perubahan wujud benda pada siswa kelas IV SDN 1 Lendang Nangka, adapun yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya tintang hasil belajar siswa SDN 1 Lendang Nangka pada mata pelajaran IPA. Untuk itu, dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes evaluasi, dokumentasi dan observasi. Yang mana observasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisifatif dimana peneliti terlibat langsung dengan aktivitas subjek yang sedang diamati dengan menggunakan instrumen berupa pedoman observasi. Setelah melakukan evaluasi, pelaksanaan dan refleksi pada beberapa siklus maka, terlihat hasil penelitian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 70% dari yang seharusnya yaitu 85% dan pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 85% yaitu mencapai 90%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa experiential learning model dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN 1 Lendang Nangka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: experimental leraning; hasil belajar; perubahan wujud benda
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lalu Muh Hammam Tsani
Date Deposited: 06 Aug 2021 15:16
Last Modified: 06 Aug 2021 15:16
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1126

Actions (login required)

View Item View Item