Nilai dan metode pendidikan akhlak dalam novel cinta suci zahrana karya Habiburrahman El Shirazy

Mar’ i, Hudzaifatul (2016) Nilai dan metode pendidikan akhlak dalam novel cinta suci zahrana karya Habiburrahman El Shirazy. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Hudzaifatul Mar'i151111146.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai dan metode pendidikan akhlak dalam novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy. Setelah penulis melakukan penelitian, akhirnya bisa disimpulkan bahwa terdapat nilai dan metode pendidikan akhlak dalam novel Cinta Suci Zahrana. Di antaranya, yaitu: 1. Nilai pendidikan akhlak kepada Allah, meliputi: sabar, tawakkal, taat beribadah, berdo‟a, berbaik sangka pada Allah, berdzikir, dan bersyukur. 2.Akhlak kepada diri sendiri, meliputi: rajin bekerja dan belajar, mengendalikan diri, menutup aurat, ikhtiar, mandiri, bertanggung jawab, percaya diri, dan optimis. 3. Akhlak kepada sesama, meliputi: berbakti kepada kedua orang tua, saling menasehati, menjaga adab, dermawan, rendah hati, dan memuliakan tamu. 4. Akhlak kepada lingkungan. Adapun metode pendidikan akhlak yang penulis temukan dalam novel Cinta Suci Zahrana, antara lain: Metode Nasihat, Metode „Ibrah (merenungkan/memikirkan), dan Metode Targhib (motivasi). Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dengancara mencari, mengumpulkan, membaca, dan menganalisa buku-buku yang adarelevansinya dengan masalah penelitian. Dalam menganalisis data, penulismenggunakan metode analisis isi (content analysis), yaitu sebuah analisis yangdigunakan untuk mengungkap, memahami dan menangkap isi karya sastra, sertametode deskriptif, yaitu metode yang membahas objek penelitian secara apaadanya sesuai dengan data-data yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode belajar; Cinta Suci Zahrana; Habiburrahman El Shirazy
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 03 Dec 2018 06:26
Last Modified: 03 Dec 2018 06:26
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1125

Actions (login required)

View Item View Item