Penerapan metode wafa dalam pembelajaran al-qur’an di sekolah dasar islam terpadu (SDIT) Anak Shaleh 2 Mataram pada kelas III Samudra Pasai Tahun Ajaran 2017

Jayadi, Herman (2017) Penerapan metode wafa dalam pembelajaran al-qur’an di sekolah dasar islam terpadu (SDIT) Anak Shaleh 2 Mataram pada kelas III Samudra Pasai Tahun Ajaran 2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Herman Jayadi151131131.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (846kB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berjalannya metode wafa dalam pembelajaran Al-Qur’an untuk siswa kelas III samudera pasai. Selebihnya, tujuan lain dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana efektifitas penerapan metode wafa sebgai alternative untuk mengembalikan semangat dalam membaca serta mempelajari Al-Qur’an. Penelitian yang dilakukan merupakan tipe penelitian kualitatif yang dimana dalam menganalisa datanya menggunakan teori yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yakni reduksi data (data reduction), peragaan data (dta display), penarikan kesimpulan (verification). Instrument atau metode utama yang digunakan dalam mengumpulkan data ialah metode observasi serta diperkuat oleh metode lain seperti wawancara dan dokumentasi. Penerapan metode wafa yang telah dilakukan dalam pembelajaran Al- Qur’an berdasarkan hasil analisis data yang dikumpulkan dengan penggunan metode terkait tiap aspek yaitu aspek kesuksesan dalam proses pembelajaran tergolong efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran khususnya pembelajaran Al-Qur’an pada anak-anak. Dari aspek penguasaan guru dalam mengajarkan Al-Qur’an dengan metode wafa tergolong mumpuni dan berhasil dalam menerapkan cara-cara yang digunakan dalam mengajarkan Al-Qur’an walaupun sekiranya ada beberapa poin yang kerap ditinggalkan. Namun dari segi aspek kelancaran proses pembelajaran Al-Qur’an para guru tergolong sangat lincah dan mampu menguasai situasi pembelajaran sehingga peserta didik kerap merasa senang ketika melakukan pembelajaran. Kesuksesan penerapan metode wafa dalam kegiatan pembelajaran Al-Qur’an dapat dilihat dari antusiasnya peserta didik dalam proses pembelajaran serta perasaan senang ketika melakukan kegiatan pembelajaran Al-Qur’an dari pada beberapa metode pembelajaran Al-Qur’an lain yang tergolong klasik dan monoton dalam melakukan kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode wafa; Metode Belajar; Samudra Pasai
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 03 Dec 2018 04:37
Last Modified: 03 Dec 2018 04:37
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1123

Actions (login required)

View Item View Item