Hubungan anak terindikasi hiperaktif dengan hasil belajar siswa di MI Miftahul Ishlah Tembelok Sandubaya Tahun Pelajaran 2016/2017

Hasanah, Hariatun (2017) Hubungan anak terindikasi hiperaktif dengan hasil belajar siswa di MI Miftahul Ishlah Tembelok Sandubaya Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Hariatun Hasanah 151139062.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat hubungan antara anakterindikasi hiperaktif dengan hasil belajar siswa di MI Miftahul Ishlah Tembelok Sandubya tahun pelajaran 2016/2017. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa di MI Miftahul Ishlah Tembelok Sandubaya yang berjumlah 187 siswa dan yang dijadikan sampel dalam penelitian ini diambil dari kelas IVdan V yang berjumlah 20 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu anak terindikasi hiperaktif sebagai variabel bebas (X) dan hasil belajar siswa sebagai variabel (Y). Instrument yang digunakan yaitu instrument angket yang bertujuan untuk mengumpulkan data tentang anak terindikasi hiperaktif, sedangkan hasil belajar siswa diambil dari nilai rapot dalam bentuk dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan korelasi product moment dan untuk meguji reliabilitas menggunakan rumus alpa cronbach. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh nilai rhitung = 0,582 dan nilai tersebut dikonsultasikan dengan rtabel yaitu 0,444. Berdasarkan penghitungan dari rhitung = 0,582 dan rtabel = 0,444 maka nilai tersebut menunjukkan bahwa nilai rhitung lebih besar dari rtabel pada taraf signifikan 5% (0,582 ≥ 0,444). Kesimpulan yang didapat bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara anak terindikasi hiperaktif dengan hasil belajar siswa di MI Miftahul Ishlah Tembelok sandubaya tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hiperaktif; Psikologi Anak; Hiperaktif
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 03 Dec 2018 04:04
Last Modified: 03 Dec 2018 04:04
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1121

Actions (login required)

View Item View Item