Pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas XI IPA di SMAN 1 Lingsar Tahun Pelajaran 2017/ 2018

Maulida, Hanni Nazlah (2018) Pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas XI IPA di SMAN 1 Lingsar Tahun Pelajaran 2017/ 2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Hanni Nazlah Maulida151141151.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Kompetensi merupakan suatu kemampuan yang mutlak yang harus dimiliki oleh seorang guru dan dosen yang merupakan salah satu kualifikasi guru yang terpenting. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki adalah kompetensi kepribadian yang dimana menurut UU Nomor 14 pasal 1 ayat 10 tentang guru dan dosen menjelaskan bahwa kompetensi kepribadian adalah kemampuan kepribadian yang mantap, stabil, berakhlak mulia, arif, berwibawa serta menjadi teladan bagi peserta didik. Adapun penelitian ini berjudul “Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas XI IPA Di SMAN 1 Lingsar Tahun Pelajaran 2017/2018”. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Adakah Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa”. Dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPA pada mata pelajaran agama islam dan budi pekerti di SMAN 1 Lingsar tahun 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian Asosiatif (kausal) dengan teknik pengumpulan data berupa angket yang diperoleh dari indikator Variabel kompetensi kepribadian guru dan Variabel motivasi belajar siswa, dan teknik pengumpulan data dokumentasi dengan tujuan mendapatkan data berupa sejarah, Visi-Misi sekolah SMAN 1 Lingsar dan foto-foto dalam kegitan observasi . Peneliti menggunakan penelitian populasi karena jumlah siswa kelas XI IPA berjumlah 46 orang siswa, akan tetapi peneliti ingin meneliti guru PAI maka populasi penelitian ini berjumlah 40 orang siswa karena 6 orang siswa lainnya beragama Hindu. Analisis dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier sederhana dan analisis koefisien korelasi product moment. Dari analisis regresi linier sederhana dilanjutkan dengan melakukan uji keberartian yaitu Fhitung > Ftabel (7.387 > 4,10), kemudian melakukan uji linieritas, diperoleh angket pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa menunjukkan data linier yaitu F hitung > F tabel (3.812 > 2.23) dengan taraf signifikasi 5%. Dan analisis koefisien korelasi product moment diketahui nilai r hitung adalah 0,404, sedangkan nilai r tabel untuk taraf signifikasi 5% dan N = 38 adalah 0,320 ini dikatagorikan sedang. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi; Motivasi; Guru
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 03 Dec 2018 03:02
Last Modified: 03 Dec 2018 03:02
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1118

Actions (login required)

View Item View Item