Penerapan metode card sort untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran fiqih kelas VII di MTs Darussalam Bermi Tahun Pelajaran 2017/2018

Hidayanti, Fitri (2018) Penerapan metode card sort untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran fiqih kelas VII di MTs Darussalam Bermi Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img] Text
Fitri Hidayanti151141163.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatar belakangi oleh motivasi belajar siswa MTs Darussalam Bermi Kelas VII masih perlu ditingkatkan sesuai dengan hasil observasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode Card Sort dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Fiqih kelas VII di MTs Darussalam Bermi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII C Putri MTs Darussalam Bermi tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengambilan data melalui lembar observasi guru, lembar observasi motivasi siswa, dan dokumentasi. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah model Kurt Lewin. Penelitian ini menggunakan analisisi data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Card Sort dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Adapun data yang diperoleh dari lembar observasi siswa yang dianalisis dengan menghitung persentase dari keseluruhan indikator yang diamati. Hasil menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa setelah dilakukan penerapan metode Card Sort menunjukkan bahwa rata-rata seluruh indikator baik dari aspek kegiatan guru dan motivasi belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil rata-rata persentase lembar observasi untuk tindakan pada tiap siklus, yaitu pada lembar observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 72 % dan pada siklus II meningkat menjadi 91 %. Pada lembar observasi tingkat motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 56 % dan pada siklus II meningkat menjadi 95 %. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode Card Sort dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode belajar; Metode Card Sort; Motivasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 29 Nov 2018 02:04
Last Modified: 29 Nov 2018 02:04
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1116

Actions (login required)

View Item View Item