Korelasi antara motivasi menghafal al-qur’an dengan hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran alqur’an hadist di MA Plus Nurul Islam Sekarbela Tahun Pelajaran 2017/201

Fahrurrozi, Fahrurrozi (2018) Korelasi antara motivasi menghafal al-qur’an dengan hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran alqur’an hadist di MA Plus Nurul Islam Sekarbela Tahun Pelajaran 2017/201. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img] Text
Fahrurrozi151141267.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (860kB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya korelasi antara motivasi menghafal al-Qur‟an dengan hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran al- Qur‟an hadist di MA Plus Nurul Islam Sekarbela Tahun Pelajaran 2017/ 2018. Penelitian in menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan Dokumentasi, Tes Angket. Subyek yang diteliti hanya dibatasi pada kelas XI saja yang tergabung dalam dua kelas yng berjumlah 38 orang siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi Product Moment dan dilanjutkan dengan uji T. Penelitian ini menggunakan rumus Product Moment untuk mengetahui adanya korelasi antara motivasi menghafal al-Qur‟an dengan hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran al-Qur‟an hadist di MA Plus Nurul Islam Sekarbela, karena r 0,42> 0,320 dan hasil dari uji signifikansi dengan taraf keslahan 5% adalah t hitung (2778) > t tabel (2,024) maka HO ditolak dan Ha diterima. kemudian untuk mengetaui korelasi dan kntribusi motivasi menghafal al-Qur‟an denga hasil belajar siswa peneliti mengolah data dengan menggunakan rumus koeisien determinasi dengan rumus tersebut di dapatkan bahwa korelasi antara motivasi Menghafal al-Qur‟an 17,64% terhadap hasil belajar siswa dan tergolong rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi menghafal al-Qur‟an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motivasi; Menghafal; MA Plus Nurul Islam Sekarbela
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 28 Nov 2018 23:21
Last Modified: 28 Nov 2018 23:21
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1111

Actions (login required)

View Item View Item