Perspektif pendidikan islam tentang pembelajaran konvensional dan pembelajaran kritis kreatif

Fahrudin, Fahrudin (2018) Perspektif pendidikan islam tentang pembelajaran konvensional dan pembelajaran kritis kreatif. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img] Text
Fahrudin151141128.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (842kB)

Abstract

INDONESIA Inti dari penelitian ini adalah untuk melihat pandangan pendidikan Islam dalam pembelajaran konvensional dan pembelajaran kritis kreatif. Penelitian bertujuan untuk mengetahui konsep pembelajaran konvensional dan konsep pembelajaran kritis kreatif dalam pandangan pendidikan Islam. Penelitian yang penulis lakukan adalah library research (kajian pustaka).Sedangkan dalam pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi untuk analisisnya menggunakan teknik komparasi, yaitu meneliti tentang landasan filosofis pembelajaran konvensional dan pembelajaran kritis kreatif serta mencari nilainilai pendidikan Islamdalam pembelajaran konvensional dan pembelajaran kritis kreatif. Konsep pembelajaran konvensional adalah sebuah proses pembelajaran yang menekakankan pada penguasaan guru semata (teacher center) dan murid bekerja sebagai penerima, pendengar serta penghafal seluruh isi penjelasan dari guru itu sendiri. Sedangkan konsep pembelajaran kritis kreatif, lebih pada bagaimana membuka ruang agar lahirnya proses dialog antara guru dan murid, serta mendorongpeserta didik memanfaatkan potensi dasar yang dimilikinya agar bisa aktif. Adapun pendidikan Islam adalah proses mengubah tingkah laku individu pada kehidupan pribadi, masyarakat, dan alam sekitarnya dengan melalui proses pembelajaran serta, upaya mengembangkan, mendorong serta mengajak manusia (murid) lebih maju dengan berlandaskan nilai-nilai yang tinggi dalam kehidupan yang mulia. Sehingga terbentuk pribadi murid yang lebih sempurna, baik yang berkaitan dengan akal, perasaan, maupun perbuatan. Hasil penelitian ini menunjukan nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembelajaran konvensional lebih nampak pada suatu proses pembelajaran yang mendorong murid yang suka belajar auditori, menghafal, mencatat, menyimak apa yang ditulis dan disampaikan oleh guru yang cara belajarnya sangat verbalis. Sedangkan pembelajaran kritis kreatif lebih nampak pada aspek murid, dimana pembelajaran kritis kreatif melihat keberadaan murid sebagai objek sekaligus subjek pendidikan yang memililki potensi dasar yang harus di kembangkan oleh seorang guru lewat proses dialog dan keterlibatan murid pada saat proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Konvesional; Kajian pustaka
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 27 Nov 2018 00:25
Last Modified: 27 Nov 2018 00:25
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1108

Actions (login required)

View Item View Item