Upaya guru aqidah akhlak dalam mengatasi perilaku melanggar yang terjadi pada siswa di MTs Nahdlatul Mujahidin NW Jempong Ampenan Utara Tahun Pelajaran 2016/2017

Sulastri, Eni (2017) Upaya guru aqidah akhlak dalam mengatasi perilaku melanggar yang terjadi pada siswa di MTs Nahdlatul Mujahidin NW Jempong Ampenan Utara Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img] Text
Eni Sulastri151131172.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Pedidikan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam kelangsungan hidup manusia. Karena dengan pendidikan manusia dapat mencapai taraf hidup yang lebih baik, dalam segala tindakan, ucapan juga tingkah laku manusia yang selalu tak lepas di pengaruhi oleh suatu pendidikan. Berangkat dari permasalahan tersebut penulis ingin membahasnya dalam skripsi dengan judul Upaya guru aqidah akhlak dalam mengatasi perilaku melanggar yang terjadi pada siswa di MTs. Nahdlatul Mujahidin NW Jempong Ampenan Utara Tahun Pelajaran 2016/2017. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apa bentuk perilaku melanggar yang terjadi pada siswa kelas VII A MTs. NM NW, faktor-faktor apakah yang mendorong terbentuknya perilaku melanggar yang terjadi pada siswa, dan Bagaimana upaya guru Aqidah Akhlak dalam mengatasi perilaku melanggar yang terjadi pada siswa kelas VII A di MTs. NM NW tersebut sehingga siswa dapat berprilaku baik, baik di lingkungan Madrasah maupun diluar lingkungan Madrasah. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk perilaku melanggar yang terjadi pada siswa kelas VII A di MTs. NM NW, mengetahui faktor-faktor yang mendorong terbentuknya perilaku melanggar yang terjadi pada siswa, dan untuk mengetahui upaya guru Akidah Akhlak dalam mengatasi perilaku melanggar yang terjadi pada siswa di MTs. NM NW Jempong Ampenan Utara tahun pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif,dimana penulis merupakan instrument utama untuk mendapatkan data secara mendalam. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru Akidah Akhlak, dan siswa kelas VII A. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa upaya guru Akidah Akhlak sangat penting dalam mengatasi perilaku melanggar yang terjadi pada siswa, guru Akidah Akhlak harus selalu memberikan contoh perilaku baik kepada siswa setiap waktu. Upaya yang di lakukan oleh guru aqidah akhlak yaitu: memberikan kesibukan pada siswa dengan mengadakan kegiatan positif, mengidentifikasi masalah, menerapkan konsekuwensi, dan melakukan kunjungan rumah. Adapun kesimpulan hasil penelitian adalah bahwa dalam mengatasi perilaku akhlak tercela siswa di MTs. NM NW, guru harus menjadi orang yang dapat memberikan keteladanan, dan bimbingan kepada siswa yang baik sehingga siswa termotivasi untuk memperbaiki perilaku menjadih lebih baik. Saran bagi Madrasah, Kepala Sekolah dan guru Akidah Akhlak adalah selalu bekerjasama, dalam mengatasi dan memgawasi siswa untuk bersikap atau berprilaku yang baik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru; Prilaku; Akhlak
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 27 Nov 2018 00:04
Last Modified: 27 Nov 2018 00:04
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1106

Actions (login required)

View Item View Item