Problematika guru PAI dalam merancang RPP kurikulum 2013 di SMKN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017

Bulkaeni, Bulkaeni (2017) Problematika guru PAI dalam merancang RPP kurikulum 2013 di SMKN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img] Text
Bulkaeni 151121122.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (784kB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini didasari pada penekanan kompetensi guru PAI dalam merancang RPP berdasarkan kurikulum 2013. Guru dituntut untuk bisa merancang dan menerapkan RPP Kurikulum 2013 di setiap pembelajaran. Supaya peserta didik itu bisa memahami dan mengerti pada materi yang disampaikan oleh guru mata pelajaran itu sendiri. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan bertujuan: 1) untuk mengetahui kemampuan guru PAI dalam merancang RPP siswa Kurikulum 2013. 2) Problem–problem yang dihadapi guru PAI dalam merancang RPP siswa Kurikulum 2013, dan 3) solusi yang dilakukan guru PAI dalam menghadapi kendala ketika merancang RPP kurikulum 2013 di SMKN 2 Mataram tahun pelajaran 2016/2017 Data yang dikumpulkan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, yaitu analisis yang dilakukan dengan mengumpulkan data, menganalisis data, dan akhirnya menarik kesimpulan dari obyek yang diteliti. Hasil penelitian di SMKN 2 Mataram terkait dengan keterampilan guru PAI dalam merancang RPP siswa berdasarkan kurikulum 2013, sudah sesuai dengan aturan Permendikbud no 70 tahun 2013, dan yang menjadi problemnya adalah kurangnya fasilitas pembelajaran, kurangnya pelatihan yang berkaitan tentang tata cara penerapan kurikulum 2013, memakan waktu yang cukup banyak dan memerlukan banyak kertas pada form penilaian peserta didik. Sekolah diharapkan meyediakan fasilitas atau sarana dan prasarana pembelajaran yang lengkap serta menuntut pemerintah untuk memaksimalkan pelatihan tentang tata cara penerapan kurikulum 2013. Agar guru lebih memahami tata-cara penerapan kurikulum 2013, supaya pelajaran yang disampaikan dapat diterima dan difahami dengan baik oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru; Kurikulum; RPP
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 26 Nov 2018 00:37
Last Modified: 26 Nov 2018 00:37
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1102

Actions (login required)

View Item View Item