Julianti, Julianti (2011) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) dalam menuntaskan materi pokok sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dua peubah pada siswa Kelas VIII MTs Ulil Albab Simpasai Lambu Bima Tahun Ajaran 2009 / 2010. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Julianti151064085..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA: Dalam belajar tuntas dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah metode pembelajaran. Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran matematika di kelas VIII Ulil Albab Simpasai Lambu Bima adalah guru masih menerapkan pembelajaran konvensional dalam menyampaikan materi pembelajaran, dimana siswa dipandang sebagai objek yang menerima apa yang diberikan guru. Hal tersebut diduga menyebabkan rendahnya prestasi belajar matematika siswa. Oleh karena itu penelitian ini dimaksudkan untuk dapat mengatasi permasalahan yang ada di kelas dan dapat menuntaskan belajar siswa pada materi pokok sistem persamaan dan pertidaksamaan linear dua variabel. Salah satu metode yang dapat diterapkan pada pembelajaran ilmu matematika adalah metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dimana tujuan penelitian ini adalah untuk menuntaskan materi pokok Sistem Persamaan Dan PertidaksamaanLinier Dua Variabel Pada Siswa Kelas VIII MTs Ulil Albab Simpasai Lambu Bima Tahun Ajaran 2009 / 2010 dengan menggunakan metode pembelajaran NHT dalam menyelesaikan berbagai bentuk soal persamaan dan pertidaksamaan linear dua variabel. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 31 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan setiap siklus berlangsung dalam tiga kali pertemuan. Pelaksanaan pembelajaran setiap siklusnya dengan menerapkan metode pembelajaran NHT. Data yang diperoleh untuk siklus I yakni nilai rata-rata siswa sebesar 67,74 sedangkan persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 70,96%, untuk siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 85,16 sedangkan persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 87,96% Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran NHT dapat menuntaskan materi pokok Sistem Persamaan Dan PertidaksamaanLinier Dua Variabel Pada Siswa Kelas VIII MTs Ulil Albab Simpasai Lambu Bima Tahun Ajaran 2009 / 2010. ENGLISH: In a thorough study is influenced by various factors, one of which is a method of learning. Problems encountered in teaching mathematics in grade VIII Ulil Albab Simpasai Lambu Bima is still applying the conventional learning of teachers in delivering learning materials, where students are viewed as objects that accept what is given teacher. It is thought to cause low achievement students learning mathematics. Therefore this study aimed to overcome the existing problems in the classroom and students can complete the study on the subject matter of equality and linear inequality systems of two variables. One method that can be applied to the learning of mathematics is a method of learning Numbered Heads Together (NHT). This type of research is to study a class action where the purpose of this study was to resolve the subject matter PertidaksamaanLinier Systems of Equations and Two Variables On a Class VIII student of MTs Ulil Albab Simpasai Lambu Bima School Year 2009 / 2010 NHT using learning methods in solving various problems of equations and inequalities linear two variables. Subjects in this study is a class VIII student who numbered 31 people. The research was conducted in two cycles, and each cycle takes place in three meetings. Implementation of the learning of each cycle by applying the learning method NHT. Data obtained for the I cycle the average value of 67.74 whereas the percentage of students in the classical completeness of 70.96%, for the second cycle values obtained by an average of 85.16 while the percentage of completeness in the classical style of 87.96% results from the study showed that the use of NHT learning methods can resolve the subject matter PertidaksamaanLinier Systems of Equations and Two Variables On a Class VIII student of MTs Ulil Albab Simpasai Lambu Bima School Year 2009 / 2010

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: methods NHT;' learn thoroughly; sistem persamaan
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010399 Numerical and Computational Mathematics not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Lalu Muh Hammam Tsani
Date Deposited: 02 Aug 2021 04:21
Last Modified: 02 Aug 2021 04:21
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1100

Actions (login required)

View Item View Item