Peran guru sebagai motivator dalam memotivasi siswakelas VIII pada kegiatan pembelajaran aqidah akhlak di MTs Al-Ma’arif NU Miftahussa’adah Mentuluk Kab. Lombok tengah

Apriani, Baiq Rosyida (2017) Peran guru sebagai motivator dalam memotivasi siswakelas VIII pada kegiatan pembelajaran aqidah akhlak di MTs Al-Ma’arif NU Miftahussa’adah Mentuluk Kab. Lombok tengah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Bq. Rosyida Apriani151121210.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Dalam Proses pembelajaran, motivasi merupakan salah satu aspek yang sangat penting. Dengan adanya motivasi dalam diri siswa, maka siswa akan meningkatkan kualitas belajar. Sehingga, guru harus mengetahui bentuk motivasi motivasi yang bagaimana harus digunakan untuk meningkatkan gairah belajar siswanya. Mengetahui bahwa dengan memberikan motivasi, siswa dapat mengembangkan aktivitas dan inisitif serta dapat memelihara ketekunan dalam melakukan kegiatan belajar serta agar siswa tidak merasa bosan terhadap mata pelaaran Aqidah akhlak. Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui bentuk peran guru sebagai motivator dalam memotivasi siswa Kelas VIII pada Pembelajaran Aqidah di MTs Al-Ma’arif NU Miftahussa’adah Mentuluk Kab. Lombok Tengah. 2) Untuk mengetahui kondisi motivasi belajar siswa kelas VIII pada pembelajaran aqidah akhlak di MTs Al-Ma’arif NU Miftahussaadah Mentuluk Kab.Lombok Tengah. Peran guru dalam memotivasi siswa diantaranya memberi bimbingan, menciptakan suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan, memberi pujian dan sanjungan, memberikan penilaian. Pada penelitian ini, peneliti penggunakan penelitian kualitatif, data yang dikumpulkan dalam penelitian ini digali dari informan (narasumber) yaitu kepala madrasah, guru bidang studi aqidah akhlak, siswa dan aktivitas proses belajar mengajar dan dalam pengumpulan data peneliti penggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa, peran guru dalam memotivasi siswa untuk belajar pada bidang studi aqidah akhlakdi kelas VIII MTs Al-Ma’arif NU Miftahussa’adah Mentuluk Kab. Lombok tengah. Sudah cukup baik, dibuktikan dengan kedisiplinan siswa, kesiapan belajar siswa, antusiasme siswa dalam pelajaran, dan siswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, walaupun demikian perlu ditingkatkan lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motivator; Motivasi; Guru
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 16 Nov 2018 06:21
Last Modified: 16 Nov 2018 06:21
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1096

Actions (login required)

View Item View Item