Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III di madrasah diniyah Nurul Qur’an Lendang Simbe Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017

Azizah, Baiq (2017) Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III di madrasah diniyah Nurul Qur’an Lendang Simbe Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Bq. Azizah151131196.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rasa ingin tahu tentang peran guru madrasah diniyah dalam meningkatkan motivasi belajar santri. Karena dalam proses pembelajaran, motivasi belajar merupakan penunjang untuk meningkatkan kualitas belajar santri. Dalam hal ini peneliti merasa tertarik dengan peran yang dilakukan guru di madrasah diniyah Nurul Qur’an untuk meningkatkan motivasi belajar siswanya. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III di Madrasah Diniyah Nurul Qur’an? (2) Bagaimana motivasi belajar siswa kelas III di Madrasah Diniyah Nurul Qur’an? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III di Madrasah Diniyah Nurul Qur’an. (2) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas III di Madrasah Diniyah Nurul Qur’an. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan (1) Wawancara, (2) Observasi dan (3) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan datadengan menggunakan teknik triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Hasi penelitian menunjukkan bahwa di madrasah diniyah Nurul Qur’an guru memberikan motivasi dengan cara memberikan bimbingan, arahan, dan nasehat. Selain itu guru juga menciptakan suasana kelas yang kondusif dan menyenangkan, membangkitkan gairah belajar siswa, menggunakan metode yang bervariasi, memberikan penilaian, dan memberikan penghargaan. Dengan peran yang dilakukan guru tersebut, motivasi belajar ssiswa kelas III sudah baik. Hal itu terlihat dari kedisiplinan siswa, kesiapannya dalam menerima pelajaran, antusias dan semangatnya dalam belajar, dan juga mengerjakan tugas dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru; Motivasi; Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 16 Nov 2018 05:48
Last Modified: 16 Nov 2018 05:48
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1095

Actions (login required)

View Item View Item