penerapan metode drill dalam meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran fiqih kelas VIII di MTs Ishlahil Athfal Rumak Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017

Sholihah, Azizah (2017) penerapan metode drill dalam meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran fiqih kelas VIII di MTs Ishlahil Athfal Rumak Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Azizah Sholihah151131160.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini difokuskan kajian terhadap penerapan metode drill dalam meningkatkan Aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian PTK Penelitian ini dilaksanakan di MTs Ishlahil Atfhal Rumak Kediri Lombok Barat. Adapun instrumen pengumpulan data yang dilakukan adalah lembar tes, observasi dan dokumentasi Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah yang diberikan berupa latihan-latihan soal secara kontinyu pada setiap siklus, maka penerapan metode drill/latihan dapat meningkatkan aktivitas belajar fiqih pada pokok bahasan infak di luar zakat untuk siswa kelas VIII B MTs Islahil Atfhal rumak tahun ajaran 2016/2017. Hal ini dapat dilihat dari prosentase ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 56,67% dengan nilai rata-rata 37,63 dari 30 orang siswa dengan rincian 17 siswa tuntas dan 13 orang siswa tidak tuntas dengan prosentase 43,33%, pada siklus I meningkat menjadi 70.00% dengan nilai rata-rata 67,73 dari 30 siswa yang tuntas 21 orang siswa dan 9 orang siswa yang tidak tuntas, pada siklus II dari 30 orang siswa dengan rincian 27 siswa yang tuntas dengan prosentase 90.00% dan 3 siswa yang tidak tuntas. Sehingga prosentase siswa yang tidak tuntas 10.00%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode drill; Guru; Metode Mengajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 15 Nov 2018 23:58
Last Modified: 15 Nov 2018 23:58
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1093

Actions (login required)

View Item View Item