Kiat guru fikih dalam mengatasi kesulitan belajar pada siswa kelas VIII MTs. Miftahul Ishlah Tembelok Sandubaya Kota Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018

Muafi, Alfian (2017) Kiat guru fikih dalam mengatasi kesulitan belajar pada siswa kelas VIII MTs. Miftahul Ishlah Tembelok Sandubaya Kota Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Alfian Muafi 151141250.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan belajar yang dialami oleh siswa kelas VIII MTs. Miftahul Ishlah Tembelok yang sering kali menganggu siswa dalam belajarnya, sehingga dibutuhkannya cara ataupun kiat dari sang guru khususnya guru fiqih dalam mengatasi kesulitan belajar yang dialami siswa di kelas VIII MTs. Miftahul Ishlah Tembelok. Sehingga berdasarkan latar belakang tersebut, maka peneliti tertarik untuk meneliti tentang kiat guru fiqih dalam mengatasi kesulitan belajar pada siswa kelas VIII MTs. Miftahul Ishlah Tembelok Sandubaya Kota Mataram tahun pelajaran 2017/2018. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah guru bidang studi, siswa kelas VIII, wali kelas, dan kepala sekolah MTs. Miftahul Ishlah Tembelok. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Adapun data yang dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, yang dalam analisis data kualitatif yang dilakukan melalui 4 cara, yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan dari tanggal 15 September sampai tanggal 11 November 2017. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan, peneliti memperoleh beberapa kesimpulan, diantaranya: 1) kesulitan belajar yang dialami oleh siswa Kelas VIII MTs. Miftahul Ishlah Tembelok berupa kurang disiplin dan kurang sabar dalam mengikuti pelajaran. 2) kiat yang dilakukan oleh guru fiqih untuk mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa berupa mengkondisikan kelas, penggunaan metode yang bervariasi, dan memberikan nasehat dan motivasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru; Motivasi; MTs. Miftahul Ishlah
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 15 Nov 2018 02:32
Last Modified: 15 Nov 2018 02:32
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1090

Actions (login required)

View Item View Item