Apningsih, Yayuk (2020) Analisis pemasaran produk investasi emas dalam pencapaian kinerja pegadaian syariah :studi PT. Pegadaian Syariah Cabang Cakranegara. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Yayuk Apningsih 160203103.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Sejak zaman dahulu emas merupakan primadona investasi, emas dianggap sebagai lambang kekuasaan dan kekayaan. Sifatnya yang likuid atau mudah diuangkan. Emas sampai saat ini masih dinilai sebagai investasi paling menguntungkan dibanding dengan investasi lainnya. Dalam rangka memberikan jalan kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan investasi emas, pegadaian syariah mempersembahkan produk-produk investasi berbasis emas yaitu Tabungan Emas dan Mulia. Setiap produk yang dikeluarkan oleh suatu lembaga perusahaan khususnya Pegadaian Syariah tentu harus merencanakan adanya pemasaran. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dan lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan bagaimana pemasaran yang diterapkan oleh Pegadaian Syariah Cabang Cakranegara dalam memasarkan produk investasi emas tersebut kemudian dikaitkan dengan teori-teori yang ada untuk selanjutnya ditela’ah secara mendalam. Strategi pemasaran yang diterapkan oleh Pegadaian Syariah Cabang Cakranegara dalam pencapaian kinerja perusahaan yaitu menggunakan marketing mix atau bauran pemasaran. Dalam teknik pemasaran yang diterapkan seperti periklanan, sosialisasi, literasi, cross selling maupun penjualan pribadi. Produk investasi emas merupakan produk yang dikeluarkan oleh pegadaian syariah untuk semua lapisan masyarakat yang ingin berinvestasi dengan syarat yang mudah dan sesuai kemampuan masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pegadaian syariah; investasi emas; produk; pemasaran
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 15 Feb 2021 03:21
Last Modified: 15 Feb 2021 03:21
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/109

Actions (login required)

View Item View Item