Peran kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik di MTs. Ittihadil Ummah Karang Anyar Pagesangan Timur Mataram Tahun Pelajaran 2017-2018

Fahrurrozi, Alfian (2018) Peran kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik di MTs. Ittihadil Ummah Karang Anyar Pagesangan Timur Mataram Tahun Pelajaran 2017-2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Alfian Fahrurrozi 151131175.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik di MTs. Ittihadil Ummah Karang Anyar Pagesangan Timur Mataram. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi dari peran kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik di MTs. Ittihadil Ummah Karang Anyar Pagesangan Timur Mataram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif karena data yang dikumpulkan berupa kata-kata bukan angka-angka. Untuk mendapatkan data yang diperlukan, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data antara lain melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian untuk mengecek keabsahan data tersebut dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi, menggunakan bahan referensi, dan memberchek. Pada penelitian ini, peran kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik di MTs. Ittihadil Ummah Karang Anyar Pagesangan Timur yang dalam hal ini fokus pada kepala madrasah sebagai pemimpin yaitu: 1) Memberikan keteladanan, ajakan, peringatan dan pembinaan terhadap semua kalangan, 2) Menyusun, mensosialisasikan serta menggerakan peraturan/tata tertib peserta didik, dan 3) Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan kedisiplinan peserta didik. Kemudian implikasi dari peran kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik di Mts. Ittihadil Ummah dapat dikatakan sangat baik berdasarkan prestasi peserta didik, baik prestasi yang bersifat akademik maupun non akademik, karena lulusan kelas VII, VIII, dan IX dalam beberapa tahun terakhir ini rata-rata 100% dan berbagai macam prestasi non akademik yang dikumpulkan oleh siswa Mts. Ittihadil Ummah seperti memenangkan lomba tilawah, tahfiz, dan kaligrafi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepala Sekolah; Belajar; Disiplin
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 15 Nov 2018 01:59
Last Modified: 15 Nov 2018 01:59
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1089

Actions (login required)

View Item View Item