Penerapan metode iqro’ dalam pembelajaran al-qur’an di TPQ Ittihadil Ummah Karang Anyar Pagesangan Timur Mataram

Fikran, Al (2018) Penerapan metode iqro’ dalam pembelajaran al-qur’an di TPQ Ittihadil Ummah Karang Anyar Pagesangan Timur Mataram. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Al Fikran 151131004. pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pada kenyataanya praktik-praktik mengajar yang dilakukan di TPQ Ittihadil Ummah Mataram pada umumnya masih terpusat pada guru, metodologi pembelajaran (khususnya agama islam) yang diterapkan masih mempraktikan cara-cara lama (tradisional). Jika secara psikologi siswa kurang tertarik dengan metode yang digunakan oleh guru, maka dengan sendirinya siswa akan memberikan umpan balik kurang mendukung dalam proses belajar mengajar indikasinya adalah timbul rasa tidak simpatinya peserta didik terhadap guru agama islam. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar belakang TPQ Ittihadil Ummah Pagesangan Timur Mataram, mengumpulkan data dengan menggunakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi untuk melengkapi metode yang di unggkap.untuk memeriksa ke absahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber, adapun ukuran kegiatan penelitian meliputi: perencanaan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran Al-qur’an dalam penerapan metode iqra’ di TPQ Itihadil Ummah Mataram, hal tersebut terbukti: (1) Adanya peningkatan aktifitas hasil belajar santri, terlihat pada rasa senang, rasa ingin tahu, dan santri sudah mulai tertib dalam mengikuti pembelajaran membaca Al-qur’an. (2) Setiap santri yang berprestasi dan rajin, diberikan hadiah atas prestasinya. (3) Hendaknya santri sendiri menyadari bahwa dalam belajar membaca Al-qur’an sangat penting bagi diri mereka sendiri. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran Al-qur’an, santri ada kemauan dan semangat yang kuat untuk belajar membaca Al-qur’an, karna berkat dorongan dan motivasi dari ustadz/ustadzahnya, dan juga dorongan dari orang tua santri sehingga dapat menghasilkan santri-santri generasi baru yang dapat membaca Al-qur’an dengan baik dan benar serta mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Belajar; Guru; Psikologi siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:18
Last Modified: 14 Nov 2018 02:18
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1087

Actions (login required)

View Item View Item