Penerapan metode resitasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran qur’an hadits kelas VIII di madrasah tsanawiyah (MTS) Darul Qur’an Bengkel Tahun Pelajaran 2016/2017

Mashudi, Ahmad (2017) Penerapan metode resitasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran qur’an hadits kelas VIII di madrasah tsanawiyah (MTS) Darul Qur’an Bengkel Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Ahmad Mashudi151101055.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Peneliti menggunakan metode ini dilatar belakangi oleh karena di sekolah tempat dilansungkannya penelitian ini masih banyak menggunakan metode konvesional (ceramah dan mencatat) dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Penerapan metode lain yang diharapkan sebagai variasi dari metode-metode tersebut masih kurang efektif sehingga siswa belum bisa termotivasi, oleh karena itu peneliti berinisiatif untuk mengetengahkan suatu metode yang peneliti anggap sesuai untuk melengkapi metode konvesional tersebut agar siswa lebih aktif, efektif dan lebih berkonsentrasi dalam pembelajaran. Dengan demikian apa yang diharapkan dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa sesuai dengan yang diharapkan bisa tercapai. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah agar siswa siswi belajar lebih aktif, lebih berpartisipasi dalam proses pembelajaran dan bisa menigkatkan hasil belajar siswa setelah mengikuti seluruh proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C MTs Darul Qur’an Bengkel Tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumalah 26 orang, laki-laki 14 orang dan perempuan 12 orang. penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah pedoman observasi, dan tes hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah data hasil belajar siswa, data aktifitas belajar siswa dan data aktifitas guru. Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil belajar siswa dan aktifitas guru yang signifikan yang dapat dilihat dari hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yang mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 75,38 dengan presentase ketuntasan 57,60% dan pada siklus II meningkat menjadi 85,38 dengan presentase ketuntasan 88,46%. Peningkatan aktifitas guru dan siswa juga dapat dilihat dari aktivitas guru siklus I diperoleh skor rata-rata 2,60 dengan kategori cukup aktif, dan pada siklus II meningkat menjadi 3,50 dengan kategori sangat aktif serta aktifitas belajar siswa pada siklus I diperoleh skor rata-rata 2,46 dengan kategori cukup aktif, dan pada siklus II meningkat menjadi 2,96 dengan kategori aktif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII C pada mata pelajaran Qur’an hadis di MTs Darul Qur’an Bengkel Tahun Pelajaran 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode belajar: metode resitasi:
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 13 Nov 2018 03:43
Last Modified: 13 Nov 2018 05:08
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1084

Actions (login required)

View Item View Item