Peran guru pendidikan agama islam dalam menanamkan pendidikan multikultural studi kasus di SMAN 7 Mataram

Ahmad, Ahmad (2017) Peran guru pendidikan agama islam dalam menanamkan pendidikan multikultural studi kasus di SMAN 7 Mataram. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Ahmad 151111156.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Guru adalah pendidik, yang menjadi tokoh, panutan dan identifikasi bagi para peserta didik dan lingkungannya. Oleh karena itu guru harus memahami dan mengimplementasikan nilai – nilai multikultural dalam tugasnya sehingga mampu melahirkan peradaban yang toleransi, demokrasi, tenggang rasa, keailan, harmonis, serta nilai – nilai kemanusiaann lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberagaman multikultural serta peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan pendidikan multikultural di SMA Negeri 7 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan Pendekatan fenomenologis. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi non partisipan dan wawancara terstruktur dengan sumber data penelitian adalah kepala sekolah, guru pendidikan agama islam dan siswa kelas X dan kelas XI. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa keberagaman multikultural di SMA Negeri 7 Mataram meliputi keberagaman agama, keberagaman suku serta asal sedangkan peran guru pendidikan agama islam meliputi merencanakan tujuan belajar, menyiapkan metode belajar untuk mewujudkan tujuan belajar serta mengembangkan kesadaran bertoleransi di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru; Pendidik; Panutan
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 13 Nov 2018 02:44
Last Modified: 13 Nov 2018 02:44
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1083

Actions (login required)

View Item View Item