Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa kelas V SD Islam Darussalam Lingsar Tahun Pelajaran 2016/2017

Ahlussubandi, Ahlussubandi (2017) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa kelas V SD Islam Darussalam Lingsar Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Ahlussubandi 15113121002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Proses pembelajaran yang digunakan oleh guru agama Islam kelas V SD Islam Darussalam masih menggunakan metode pembelajaran yang konvensional atau tadisional, dimana proses pembelajaran masih didominasi oleh guru, siswa lebih banyak mencatat dan mendengarkan materi, intraksi antar siswa masih kurang. Untuk mengatasi hal ini, peneliti melakukan upaya perbaikan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa melalui model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) pad siswa kelas V SD Islam Darussalam Kecamatan Lingsar Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklusnya berlangsung dalam dua kali pertemuan. Yang diaman pertemuan kedua dilakukan untuk evaluasi. Dan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Islam Darussalam Kecamatan Lingsar Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 18 orang. Pengumnpulan data diperoleh dengan lembar observasi guru dan siswa, serta tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian siklus I selama dua kali pertemuan diperoleh hasil belajar siswa berturut-turut dengan nilai rata-rata 74, dengan persentase ketuntasan secara klasikal 61% pada pertemuan pertama dan 72%. Dan pada siklus dua, meningkat menjadi 74% pada pertemuan pertama dan 94% pada pertemuan kedua. yang dikategorikan tuntas secara klasikal. Sedangkan skor aktivitas guru dan siswa pada siklus I yaitu 67% pada pertemuan pertama dan 73% pada pertemuan kedua, dengan kategori cukup baik atau cukup aktif, dan siklus II mencapai 93% pada pertemuan ke tiga dan 100% dan denagn katregori sangat baik atau sangat aktif. Hasil ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa Kelas V SD Islam Darussalam Kecamatan Lingsar Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode belajar; Model belajar; SD Islam Darussalam Lingsar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 13 Nov 2018 02:33
Last Modified: 13 Nov 2018 02:33
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1082

Actions (login required)

View Item View Item