Upaya guru tpq dalam meningkatkan mutu pembelajaran al-qur’an dan penanaman nilai-nilai keagamaan di TPQ Al-Hidayah Presak-Tempit Ampenan

Sofian, Tengah Agus (2017) Upaya guru tpq dalam meningkatkan mutu pembelajaran al-qur’an dan penanaman nilai-nilai keagamaan di TPQ Al-Hidayah Presak-Tempit Ampenan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Agus Sofian 151121173.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Tujuan penelitian ini antara lain: peneliti ingin mengetahui upaya guru dalam meningkatkan pendidikan Al-Qur’an serta penanaman nilai-nilai keagamaan pada peserta didik di Taman Pendidikan Al-Qur’an Presak Tempit Ampenan Tengah, permasalahan apa saja yang dihadapi guru TPQ dalam meningkatkan mutu pendidikan Al-Qur’an serta penanaman nilai keagamaan di TPQ Al-Hidayah Ampenan Tengah dan upaya solusi yang dilakukan guru TPQ dalam menyikapi hambatan dalam meningkatkan mutu pendidikan Al-Qur’an serta penanaman nilai keagamaan di TPQ Al-Hidayah Ampenan Tengah. Penelitian yang telah dilakukan termasuk dalam penelitian kualitatif yang yang terdiri dari 7 bagian yaitu Pendekatan Penelitian, Kehadiran Peneliti, Lokasi Penelitian, Sumber Data, Prosedur Pengumpulan Data, Teknik Analisis Data dan Pengecekan Keabsahan Data. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode pengumpulan data tersebut digunakan untuk mendapatkan data yang berhubungan dengan upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan mutu pendidikan Al-qur’an serta penanaman nilai-nilai keagamaan. Data yang diperoleh akan di analisa akan dijabarkan berdasarkan ketentuan penelitian kualitatif. Adapun hasil penelitian ini antara lain: Upaya guru dalam meningkatkan mutu pendidikan Al-Qur’an adalah memberi bimbingan individu dan mengenalkan tajwid serta ghorib sedangkan dalam penanaman nilai keagamaan adalah mengenalkan shalat,wudhu, nama-nama malaikat dan tugasnya, rukun iman dan Islam serta do’a. Permasalahan yang dihadapi dalam meningkatkan pendidikan Al-Qur’an dan penanaman nilai keagamaan adalah waktu bimbingan yang terbatas serta peserta didik sulit memahami karena metode yang digunakan tidak efektik. Sedangkan solusi dari permasalahan tersebut adalah guru meminta peserta didik yang dianggap bisa untuk mengajari temannya yang mendapat bimbingan jika jumlah peserta didik dan waktu yang dibutuhkan untuk bimbingan dirasa tidak cukup. Selian itu, guru belajar metode khusus tajwid atau ghorib yaitu metode Qiroati untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik karena metode yang sebelumnya digunakan tidak efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru; Agama; Akhlak
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 13 Nov 2018 02:21
Last Modified: 13 Nov 2018 02:21
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1081

Actions (login required)

View Item View Item